Kapusrehab Kemhan Buka Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil

Rabu, 18 Juli 2018

Jakartapembukaan-rehabilitas-terpadu-disabilitas-personel-kemhan-tni – Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI dr. Achmad Dewanto Sp. PD memimpin Upacara Pembukaan Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil Angkatan XLIII Gelombang II TA. 2018, Rabu (18/7) di Gedung Serba Guna Pusrehab Kemhan Jakarta.

Kapusrehab Kemhan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Pusat Rehabilitasi Kemhan kepada para penyandang disabilitas personel Kemhan dan TNI dari seluruh Indonesia yang berjumlah 75 orang sebagai peserta rehabilitasi terpadu yang akan dilaksanakan selama 4,5 bulan.

“Pusrehab Kemhan sebagai unsur pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pertahanan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pokok Kementerian di bidang Rehabilitasi Vokasional, Rehabilitasi Sosial dan Perumahsakitan. Tugas tersebut dilaksanakan dalam bentuk rehabilitasi terpadu bagi penyandang disabilitas personel Kemhan dan TNI” Ucap Kapusrehab.

Rehabilitasi terpadu bertujuan untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik, keterampilan, mental, sosial dan psikis agar penyandang disabilitas personel Kemhan dan TNI dapat tumbuh rasa percaya diri serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat sehingga menjadi insan yang mandiri dan produktif.

Lebih lanjut Kapusrehab menyampaikan dengan melalui pelayanan bidang Rehabilitasi Vokasional setiap peserta mendapatkan kesempatan mempelajari satu keterampilan dari 15 jurusan yang ada diantaranya jurusan Automekanik Mobil, Automekanik Motor, Teknik Pendingin, Teknik Elektronika/HP, Teknik Komputer, Operator Komputer, Fotografi, Penjahitan, Pertanian Terpadu, Musik, Desain Grafis, Pertukangan Kayu, Las, Massage dan Tata Boga serta mendapatkan Ekstra kulikuler berupa aneka keterampilan.

Sedangkan bidang Rehabilitasi Sosial para peserta akan mendapatkan bimbingan Psikologi Sosial, Pembinaan Olahraga dan Seni Budaya serta bimbingan lanjut.

Kapusrehab juga menyampaikan pada akhir kegiatan akan diberikan bantuan peralatan kerja mandiri bagi peserta Rehabilitasi terpadu yang telah memenuhi standar kompetensi pada masing-masing jurusan.

“Diharapkan para peserta dapat menerapkan kemampuan dan pengalamannya baik dilingkungan pekerjaan maupun membuka usaha mandiri sesuai dengan bidangnya, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar di masyarakat” Tegas Kapusrehab diakhir sambutannya. (DS/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia