Kemhan Lakukan Pre Audit RKA 2019 Untuk Wujudkan Perencanaan Yang Handal, Akurat dan Transparan

Rabu, 18 Juli 2018

Jakartataklimat-akhir-pree-auditt — Kementerian Pertahanan terus berupaya untuk mewujudkan perencanaan yang handal, akurat dan transparan serta dapat direalisasikan pelaksanaannya sesuai dengan kepentingan organisasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Pertahanan dalam hal ini Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemhan melaksanakan kegiatan Pre Audit terhadap Rencana Kerja Anggaran UO Kemhan Tahun Anggaran 2019.

Demikian dikatakan Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Letjen TNI Thamrin Marzuki pada acara Taklimat Akhir Pre Audit Rencana Kerja Anggaran Unit Organisasi Kemhan Tahun Anggaran 2019, Rabu (18/7) di kantor Kemhan, Jakarta. Acara juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kemhan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dan pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

“Kegiatan Pre Audit ini diharapkan mampu menjadi solusi terjalinnya komunikasi aktif antara Satker dengan Badan Perencanaan dan APIP guna mewujudkan perencanaan yang handal akurat transparan dan dapat direalisasikan pelaksanaannya sesuai kepentingan organisasi Kemhan”, ungkap Irjen Kemhan.

Lebih lanjut Irjen Kemhan menyampaikan bahwa pelaksanaan Pre Audit dilakukan seawal mungkin dengan harapan apabila ada revisi terhadap RKA maka masih dimungkinkan untuk dilaksanakan revisi, sehingga RKA 2019 akan semakin baik dengan sasaran akhir yaitu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian pada tahun 2020.

Disampaikannya, melalui kegiatan Pre Audit ini Itjen Kemhan sebagai consultant activity dan quality assurance dapat melihat sejauh mana setiap Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kemhan konsisten dalam melaksanakan dan mempedomani rencana strategis dan rencana kerja dalam perumusan anggaran.

“Penyusunan RKA dilaksanakan dalam rangka penyusunan DIPA kementerian/lembaga, dan kegiatan Pre Audit ini dimaksudkan agar Satker penerima DIPA dapat melaksanakan program kerja dengan tertib dan tepat waktu serta dapat meminimalisir terjadinya revisi anggaran pada pelaksanaan anggaran tahun berjalan”, tambahnya.

Kegiatan Pre Audit Rencana Kerja Anggaran UO Kemhan Tahun Anggaran 2019 telah dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 17 Juli 2018. Dari hasil kegiatan tersebut, Itjen Kemhan mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada Satker — satker di lingkungan Kemhan untuk melakukan perbaikan — perbaikan agar penyusunan RKA UO Kemhan TA. 2019 lebih baik lagi. (BDI/RAF)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia