Singapura Tertarik Tingkatkan Kerjasama Terorisme dengan Indonesia

Selasa, 24 Juli 2018

240718 Sekjen Terima Kasal SporeJakarta – Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Hadiyan Sumintaadmadja dengan didampingi Dirjen Strahan dan Dirjen Pothan Kemhan menerima kunjungan kehormatan Kasal Singapura Rear Admiral Lew Chuen Hong, Selasa (24/7), di Kantor Sekjen Kemhan Jakarta. Sebelumnya pada hari yang sama Kasal Singapura melakukan kunjungan ke Kasal dilanjutkan dengan melakukan kunjungan kehormatan kepada Panglima TNI.

Pertemuan singkat ini diantaranya untuk menindaklanjuti pernyataan Menhan RI saat menghadiri Shangrilla Dialogue di Singapura beberapa waktu lalu terkait dengan terorisme berikut ancamannya. Seperti diungkapkan Kasal Singapura terkait dengan ancaman terorisme, Singapura tertarik untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bidang terorisme.

Untuk itu patroli trilateral di Selat Malaka antara Indonesia, Singapura dan Malaysia, diharapkan dapat terus ditingkatkan. Singapura sangat mendukung patroli trilateral antara tiga negara bertetangga ini khususnya dalam menghadapi penyelundupan narkoba dan penangkapan ikan-ikan liar.

Sedangkan di bidang pendidikan, Kasal Singapura berharap kedepannya tidak hanya diadakan pertukaran siswa atau perwira siswa saja tetapi juga diadakan pertukaran instruktur. Melalui pertukaran instruktur ini akan ada pertukaran ide atau ilmu pengetahuan sehingga diharapkan akan didapat suatu pandangan atau ide untuk meningkatkan kerja sama kedua negara bertetangga.

Menanggapi hal tersebut Sekjen Kemhan mengatakan bahwa bagi Indonesia ancaman terorisme saat ini menjadi suatu kekhawatiran khususnya di wilayah perbatasan Selat Malaka. Untuk itu penting bagi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama yang lebih baik lagi dengan negara tetangga khususnya dengan Singapura. Bagi Sekjen Kemhan, Singapura merupakan rumah kedua setelah Indonesia. Untuk itu penting bagi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan negara tetangga seperti Singapura. (ERA/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia