Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Pangab Malaysia

Kamis, 9 Agustus 2018

Jakartamenhan-terima-pangab-malaysia-1 -Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jenderal Tan Sri Dato Sri Panglima Haji Zulkifli Bin Haji Zainal Abidin, Kamis (9/8) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Kunjungan Panglima Angkatan Tentera Malaysia kepada Menhan RI ini diilakukan disela – sela agendanya menghadiri Sidang ke-14 Malaysia Indonesia High Level Committe (Malindo HLC) bersama Panglima TNI di Jakarta.

Melalui kunjungan ini diharapkan hubungan dan kerjasama Indonesia dan Malaysia di bidang pertahanan semakin erat dan meningkat. “Hubungan kedua negara tidak diragukan lagi, terjalin sangat erat sejak lama kurun waktu 50 tahun dalam kerangka ASEAN yang luar biasa”, tutur Menhan RI saat menerima Pangab Malaysia.

Hubungan baik kedua negara di bidang pertahanan telah berkontribusi bagi terciptanya rasa aman di kawasan. Selain itu juga mendukung peningkatan dan pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Menhan RI mengatakan, banyak tantangan di kawasan yang sudah diatasi bersama – sama kedua negara baik melalui kerja sama bilateral maupun kerja sama multilateral dengan negara – negara ASEAN.

Kerja sama yang sudah berjalan sangat baik antara lain kerja sama patroli bersama Indonesia, Malaysia dan Singapura di Selat Malaka dan kerja sama trilateral Indonesia, Malaysia dan Filipina melalui kerja sama patroli terkoordinasi laut dan udara dalam pengamanan Laut Sulu.
Menurut Menhan RI tantangan bersama di kawasan yang nyata saat ini yakni ancaman terorisme dan radikalisme. Menghadapi tantangan tersebut, diperlukan kerja sama antar negara di kawasan.

Sementara itu, Panglima Angkatan Tentera Malaysia juga menyampaikan hal senada dengan Menhan bahwa tantangan bersama di kawasan saat ini adalah terorisme. Dan Malaysia telah belajar banyak dari Indonesia terkait bagaimana penanganan ancaman terorisme.(BDI/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia