73 Tahun Kerja Kita Prestasi Bangsa

Jumat, 17 Agustus 2018

web2Jakarta – Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Mayor Jenderal TNI M. Nakir memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkungan Kementerian Pertahanan, Jumat (17/8) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan RI Jakarta.

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Strahan Kemhan menyampaikan bahwa pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI disamping untuk mengenang keberhasilan dari perjuangan para pendahulu dalam mengusir penjajah dari bumi pertiwi yang kita cintai ini, juga merupakan sarana untuk menyegarkan kembali ingatan kita atas pengorbanan, kegigihan dan keteguhan serta semangat para pejuang kemerdekaan. Semangat ini yang perlu terus diaktualisasikan dalam era kemerdekaan dewasa ini.

Selain itu peringatan ini harus menjadi momentum bagi kita sekalian, segenap warga Kemhan untuk kembali merenungkan sekaligus meneladani semangat patriotisme, nilai-nilai kebangsaan serta kerja keras yang diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan. Nilai-nilai tersebut harus menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk senantiasa terus mewujudkan cita-cita Indonesia menuju masyarakat adil dan makmur.

Lebih lanjut Menhan menyampaikan tema HUT Kemerdekaan RI kali ini adalah “73 Tahun, Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Tema ini sangat relevan karena tahun ini adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI, kita juga menyambut ajang Asian Games XVIII dimana Indonesia diberi kepercayaan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun.

Tema ini mengandung 2 substansi utama yang berkaitan yaitu “Energi” dan “Kerja”. Energi yang berarti sumber semangat (secara internal) dan memancar keluar (secara eksternal) dari titik fokus. Kerja memiliki arti selalu bergerak/aktif. Tema Energi diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy Of Asia”. Sementara tema kerja merupakan cerminan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik.

webLebih jauh melalui tema ini mengisyaratkan bahwa kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Selain itu diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Menhan juga menyampaikan bahwa pada hari ini kita juga akan melepas 15 (lima belas) orang Pegawai Kementerian Pertahanan yang memasuki masa purna tugas, terdiri dari 5 (lima) orang anggota TNI dan 10 (sepuluh) orang PNS. Kalian semua harus berbangga karena dilepas pada hari bersejarah ini.

Kepada seluruh purnawirawan, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan kerja keras yang telah saudara persembahkan kepada Negara” Ucap Menhan diakhir sambutannya. (DS/RPL)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia