Defence Ministers Meeting (DMM) Indonesia-Australia

Kamis, 11 Oktober 2018

DSC_0163Bali – Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu sangat mengapresiasi upaya-upaya yang akan dilakukan Menhan Australia Christopher Pyne dalam mewujudkan Defence Ministers’ Meeting (DMM). Hal tersebut diungkapkan Menhan RI Ryamizard Ryacudu saat melakukan pembicaraan bilateral dengan Menhan Australia dalam pertemuan DMM di Bali, Kamis (11/10).

Hal ini sejalan dengan hasil pertemuan 2+2 sebelumnya antara Menlu dan Menhan RI dengan Menlu dan Menhan Australia pada tanggal 14-17 Maret 2018 lalu di Sidney, Australia. Disamping itu juga membahas beberapa isu-isu global dan regional seperti kerja sama 3 (tiga) negara RI-Australia-AS, RI-Australia-India, pertemuan konter teroris 2019 di Indonesia, Trilateral Indomalphi dan Our Eyes.

Kedua negara memiliki komitmen yang sama untuk memperkuat hubungan bilateral yang berlandaskan prinsip-prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan. Keamanan kawasan antara Indonesia-Australia perlu diteruskan dan berlanjut untuk dapat menjadi sasaran yang baik dalam mendukung kepentingan bersama kedua negara.

Menhan RI mengharapkan dapat saling memberikan masukan untuk meningkatkan kerja sama pertahanan serta mendukung kepentingan nasional Indonesia dan Australia. Selain itu forum dialog bilateral dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan hubungan kedua negara serta memberikan kontribusi bagi stabilitas keamanan regional dan global.

Pepatah mengatakan mencari teman sebanyak-banyaknya, tetapi kalau tetangga tidak usah dicari, semua sudah takdir”, tegas Menhan RI.

DSC_0225Lebih lanjut Menhan RI mengajak Menhan Australia untuk menjadikan momentum ini sebagai sarana bertukar pengalaman, mengembangkan berbagai potensi negara-negara anggota serta mendukung pengaturan tata kelola kerja sama maritim. pemberian informasi, peningkatan SDM, membangun kerja sama lintas negara di kawasan terutama terkait pertahanan dan keamanan maritim.

Kerja sama harus menguatkan dan berdasar pada perjanjian di Bali, sebagai upaya bersama dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Samudera Hindia, serta kesepakatan lainnya yang telah disetujui kedua negara antara RI-Australia. (WND/SHD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia