Joint Working Group (JWG) Our Eyes Tingkat ASEAN

Senin, 29 Oktober 2018

DSC_2631Jakarta – Sebagai tindak lanjut untuk menanggapi situasi yang bersangkutan, inisiatif Our Eyes telah dibentuk, dan melibatkan enam negara anggota ASEAN. Peluncuran inisiatif Our Eyes diadakan di Nusa Dua, Bali pada 25 Januari 2018. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan bersama di Singapura pada 6 Februari 2018.

Direktur Analisis Strategi Pertahanan Direktorat Strategi Pertahanan (Diranstra Ditjen Strahan) Kementerian Pertahanan RI Marsma TNI Adityawarman, S.E.,M.M., Membuka Kelompok Kerja Gabungan dan Pertemuan Inisiatif Our Eyes. Senin (29/10) di Grand Mercure Hotel, Jakarta.

Sebagai hasil dari penerapan inisiatif Our Eyes ke dalam agenda ADMM, negara-negara anggota ASEAN telah sepakat untuk bertemu dalam pertemuan kelompok kerja bersama, sehingga pertemuan ini telah diselenggarakan hari ini terdiri dari negara Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, serta kepada para delegasi dari sekretariat ASEAN.

Seperti diketahui bahwa terorisme, radikalisme, dan ekstremisme brutal telah menjadi ancaman utama bagi semua wilayah. Keterlibatan semua negara anggota ASEAN sangat penting bagi pengembangan inisiatif Our Eyes. Oleh karena itu, Indonesia telah mengusulkan konsep baru pada inisiatif Our Eyes tersebut di Adsom, di Singapura. Konsep tersebut telah menerima apresiasi yang baik dari semua negara anggota ASEAN, dan telah diadopsi dalam 12 ADMM.

Pertemuan kali ini adalah pertemuan pertama yang melibatkan semua negara anggota ASEAN untuk membahas perkembangan inisiatif ke depan.  Pertemuan tersebut harus memiliki semangat kesetaraan, kepercayaan, dan saling menghormati kedaulatan setiap negara untuk mencapai tujuan bersama.  (WND/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia