Hari Kedua Indo Defence 2018, Menhan Paparkan Kerjasama Atasi Terorisme di Kawasan

Kamis, 8 November 2018

81118 Seminar HAri 2Jakarta – Hari kedua Indo Defence Expo and Forum 2018, Menhan RI Ryamizard Ryacudu menjadi Pembicara Kunci dalam seminar tentang “Ensuring Regional Stability Through Cooperation on Counter Terroris” di JIExpo Kemayoran, Kamis (8/11).

Selain Menhan RI hadir sebagai Pembicara Secretary of National Defense Republic of Philippines: Establish Maritime Domain Awareness and Maritime Security to Counter Terrorism Delfin H.E. Negrillo Lorenzana dan Minister of Defence and Armed Forces of the Czech Republic: Technology Innovation to Counter Terrorism H.E. Lubomir Metnar.

Dlam seminar yang dimoderatori Prof. Dr. Yanyan Mochamad Yani yang merupakan profesor di bidang Hubungan Internasional Univ. Padjajaran Bandung, Menhan RI mengajak negara peserta untuk bekerjasama antar negara dan negara di kawasan untuk menghadapi teroris. Kerjasama bisa dilakukan baik secar bilateral dan multilateral yang intensif, konstruktif dan konkrit karena tidak ada satu negarapun di dunia yang dapat menangani masalah terorisme sendiri-sendiri.

Implementasi konkrit dan komprehensif bentuk kerjasama tersebut diantaranya adalah kerjasama antar lembaga pertahanan dan keamanan, pertukaran informasi dan intelijen serta kolaborasi militer antar negara padda level strategis, operasional dan taktis.

81118 Menhan di Hall BSelain itu, lanjut Menhan, kita tidak dapat memberikan celah sedikitpun kepada kelompok teroris dan radikal untuk berkembang dan mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu di seluruh kawasan. Oleh karenanya pertemuan dalam forum bisnis ini menjadi sangat penting di tengah upaya untuk mencari format dan platform kerjasama kolektif yang efektif baik yang bersifat strategis maupun operasional.

Sejalan dengan Menhan RI, Sekjen Philipina mengungkapkan hal yang sama bahwa untuk menjaga keamanan regional perlu adanya sebuah platform kerjasama antar negara di kawasan diantaranya dengan membentuk kerjasama keamanan trilateral di laut Sulu antara Indonesia, Philipina dan Malaysia.

Selanjutnya pada hari yang sama, Menhan melakukan kunjungan ke berbagai stand di Hall B diantaranya ke Kementerian Perdagangan RI. Menhan berkesempatan untuk melakukan uji coba senjata yang dipamerkan dalam stand Kementerian Perdagangan. (ERA/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia