Kemhan Melalui KKIP Berkomitmen Mewujudkan Indhan yang Maju dan Berdaya Saing

Kamis, 8 November 2018

1aJakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Hadiyan Sumitaatmadja, Kamis (8/11) mewakili Menteri Pertahanan menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Industri Pertahanan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Indo Defence Expo & Forum 2018 hari kedua dengan tema “Meningkatkan Sinergi antara Pemerintah, Industri Pertahanan dan Pengguna menuju Kemandirian Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan” di JiExpo Kemayoran, Jakarta. Seminar ini menghadirkan diantaranya Ketua Bidang Transfer of Technology KKIP Ir Rachmad Lubis dan Deputy Minister of DIEC Turkey Mr Serdar Demiral.

Dalam amanat pembuka Menteri Pertahanan yang dibacakan oleh Sekjen Kemhan Marsdya TNI Hadiyan Sumitaatmadja dikatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang diupayakan oleh KKIP menjadi langkah awal implementasi di lapangan dan diikuti oleh kerjasama yang lebih luas lagi dari industri pertahanan dan pengguna dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan di Kawasan. Hal ini juga merupakan komitmen Indonesia untuk menjadi pionir dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan. Komitmen ini penting diwujudkan dalam bentuk kerjasama yang konkrit untuk membuat Indonesia maju dalam teknologi pertahanan dan mampu menjadi bangsa yang berdaya saing karena memiliki pertahanan yang tangguh adalah sebuah kebutuhan mendasar bagi setiap bangsa.

Segala upaya yang dilakukan oleh KKIP saat ini adalah demi mewujudkan sinergitas tiga pilar; Pemerintah, Produsen dan Pengguna industri pertahanan dalam negeri sangat penting dalam mewujudkan kemandirian pemenuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan dalam negeri.

Dalam amanat tersebut Menhan juga mengucapkan terimakasih kepada anggota KKIP dan anggota dari Kementerian/Lembaga lainnya, perwakilan POLRI, perwakilan industri pertahanan dari dlam dan luar negeri, perwakilan Perguruan Tinggi yang turut hadir dalam seminar ini.

Ketua Tim KKIP Sumardjono saat membuka Seminar menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk memajukan industri pertahanan daalam negeri agar menjadi industri yang maju, kuat, mandiri serta berdaya saing. Untuk mewujudkan industri pertahanan yang kuat, maju dan mandiri seperti yang diamanatkan oleh UU no 16 Tahun 2012 diperlukan sinergi guna membangun industri pertahanan melalui tiga pilar yaitu Pemerintah selaku penentu kebijakan, pengguna selaku pemakai hasil industri, dan industri selaku produsen alat pertahanan. Dalam membangun industri pertahanan dibutuhkan sistem dan konsistensi dimasing-masing pilar dalam sistem yang dibangun.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia