47 Tahun Korpri Memperkokoh Persaudaraan dan Persatuan Nasional

Kamis, 29 November 2018

DSC_6501Jakarta – Selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. “Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman”, Demikian sambutan Presiden RI Joko Widodo pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik lndonesia (Korpri) yang Ke-47 yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan, M. Si. Kamis (29/11) di Lapangan Apel Bhineka Tunggal Ika, Kemhan. Jakarta.

Presiden mengatakan kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan refleksi atas apa yang telah dilakukan, dan apa yang akan dilakukan ke depan. “ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional, serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme”, ungkap Presiden RI.

Apresiasi sebesar-besarnya untuk para Aparatur Sipil Negara yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi. Untuk itu, Pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara melalui peningkatan penghasilan serta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun.

Presiden RI menjelaskan, Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. “Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait”, tegasnya.

DSC_6559Dalam 4 tahun terakhir ini, pemerintah telah memberikan prioritas besar kepada pembangunan infrastruktur. Dengan cara ini, pemerintah membuka keterisolasian, membangun konektivitas, memperkokoh persatuan nasional, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, serta membangun sentra-sentra ekonomi baru.

Mulai tahun 2019, Pemerintah akan melakukan program besar-besaran guna  memperkuat Sumber Daya Manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. “SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat”, ungkap Presiden RI.

Mengakhiri sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan Selamat Ulang Tahun Korpri yang ke 47, junjung tinggi Panca Prasetya Korpri, dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi. (WND/SPD/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia