Sikap dan Nilai Bela Negara Tercermin dalam Bela Negara Run 2018

Jumat, 14 Desember 2018

141218 Bela Negara Run 2018Jakarta – Olahraga atletik merupakan kegiatan yang menunjukkan sikap disiplin, sportif, kerja keras dan sikap optimis untuk mencapai prestasi. Sikap ini merupakan cerminan nilai-nilai Bela Negara dan diwujudkan dalam keinginan jiwa peserta untuk mencapai garis finish. Atas dasar itu Kemhan melalui Ditjen Pothan Kemhan menyelenggarakan Bela Negara Run 2018 yang akan berlangsung hari Minggu (16/12), di kantor Kemhan.

Bela Negara Run 2018 ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Bela Negara yang jatuh tanggal 19 Desember setiap tahunnya dan rencananya akan dibuka oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. Hal tersebut diungkapkan Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tira Sofyan, M.Si dihadapan sejumlah pewarta media massa saat berlangsung Jumpa Pers di kantor Kemhan Jakarta, Jumat (14/12).

Bela Negara Run 2018 yang dikemas dengan suasana sporty, fun, dan edukatif ini akan dimulai dan berakhir di kantor Kementerian Pertahanan RI di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat. Diperkirakan sekitar 2500 peserta akan ikut memeriahkan Bela Negara Run 2018 dengan melibatkan berbagai stakeholders dari kementerian / lembaga, Pemerintah Provinsi serta pelajar dari berbagai tingkat pendidikan di seluruh Indonesia.

Adapun kategori yang dilombakan dalam Bela Negara Run 2018 ini adalah tingkat pelajar dan umum dengan jarak tempuh 5 km serta TNI/Polri dan umum dengan jarak tempuh 12 km. Selain besarnya hadiah dan doorprize yang disiapkan dalam pertandingan ini, Kementerian Pertahanan juga mengadakan Athletic Kids Exibition Free untuk semua cabang.

Setelah Bela Negara Run yang berlangsung pada pagi hari, acara dilanjutkan dengan pemberian anugerah Bela Negara yang diadakan di Kemhan. 5 (lima) penghargaan akan diberikan Kemhan RI kepada sejumlah stakeholder yang secara konsisten menunjukkan kegiatan dan keberpihakan atau kecintaannya kepada Indonesia sesuai profesi masing-masing.

Kategori penghargaan Bela Negara akan diberikan kepada korporasi, media massa, perguruan tinggi (kampus), warga negara senior yang diwujudkan dalam profesinya dan kalangan milenial. Kalangan milenial merupakan masa depan Indonesia dan pemimpin Indonesia di masa depan. Indonesia di masa depan tergantung dari kualitas milenial sekarang ini. Rasa persatuan dan kesatuan bangsa ini juga tergantung dari rasa cinta dan rasa bela negara kalangan milenal terhadap Indonesia.

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Bela Negara 2018, juga diadakan lomba flog dan meme tentang Bela Negara. Dari 72 submission flog dan dan 139 meme yang masuk ke meja redaksi, didapat 5 (lima) nominator terbaik. Semua nominator akan hadir saat Penganugerahan Bela Negara 2018.

Bela Negara Run 2018 ini tidak hanya merupakan ajang untuk mengenalkan gaya hidup sehat, tetapi juga interaksi sosial, adventure dan menumbuhkan semangat bela negara. Selain itu Bela Negara Run 2018 dimaksudkan agar konsep penanaman nilai – nilai kesadaran bela negara tersosialisasi sejak dini mulai dari pendidikan dasar hingga ke dewasa karena terbukti efektif dan ampuh didalam upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.  (ERA/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia