Penyandang Disabilitas Kemhan/TNI Diharapkan Jadi Insan Mandiri dan Produktif

Selasa, 8 Januari 2019

Januari.tmp_6248-080119 Buka Dik Rehab-2024311706 – Tugas Pokok Pusrehab Kemhan diantaranya adalah di bidang rehabilitasi medik, vokasional, sosial dan perumahsakitan. Tugas tersebut dilaksanakan dalam bentuk rehabilitasi terpadu bagi penyandang disabilitas personel Kemhan/TNI dengan tujuan untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik, keterampilan, mental, sosial dan psikis.

Sehingga diharapkan penyandang disabilitas Kemhan/TNI dapat melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat dan menjadi insan yang mandiri dan produktif. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Rehabilitasi (Kapusrehab) Kemhan Brigjen TNI dr. Achmad Dewanto, Sp.PD saat membuka Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan/TNI Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gel. I TA. 2019, Selasa (8/1), di Pusrehab Kemhan Jakarta.

Untuk itu, Kapusrehab berharap melalui kegiatan ini para peserta dapat menerapkan kemampuan dan pengalamannya baik di lingkungan pekerjaan maupun membuka usaha mandiri sesuai dengan bidangnya. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar di masyarakat.

Dalam pelaksanaannya yang berlangsung mulai tanggal 8 Januari sampai dengan 21 Mei 2019, para peserta akan ditempatkan di dua tempat yaitu di Pusrehab Kemhan Jakarta dan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. Dr. Soeharso Kemsos di Surakarta Jawa Tengah.

Dengan jurusan keterampilan rehab vokasional yang diajarkan yaitu automekanik mobil/motor, teknik pendingin, teknik komputer, operator komputer, elektronika, desain grafis, fotografi, musik, pertanian terpadu, tata boga, massage, penjahitan, las dan pertukangan kayu.

Selama pelatihan peserta mendapatkan fasilitas sarana dan prasarana serta dukungan administrasi. Di bidang rehabilitasi medik peserta mendapatkan alat bantu atau ortosa protesa sesuai dengan indikasinya. Di bidang rehabilitasi sosial peserta mendapatkan bimbingan psikologi sosial, pembinaan olah raga dan seni budaya serta bimbingan lanjut.

Dan di akhir kegiatan para peserta akan diberikan bantuan peralatan kerja mandiri bagi peserta rehab terpadu yang telah memenuhi standar kompetensi pada masing-masing jurusan. (ERA/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia