Untuk Capai Opini WTP, Sekjen Kemhan Tekankan Jajaran Kemhan Lebih Cermat dan Teliti Kelola Anggaran

Senin, 14 Januari 2019

Jakarta-SGY_3694 Dalam rangka pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) pada Tahun Anggaran (TA) 2018, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja menekankan kepada seluruh jajaran Kemhan untuk terus memperbaiki sistem kinerja, dengan lebih cermat dan teliti dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan anggaran secara administrasi dan manajemen pelaksanaan kegiatan pekerjaan.

Penekanan tersebut disampaikan Sekjen Kemhan pada pembukaan Taklimat Awal Post Audit Terhadap Program Kerja dan Anggaran TA. 2018 Triwulan IV di Lingkungan Kemhan, Senin (14/1) di kantor Kemhan, Jakarta.

Turut hadir mendampingi Sekjen Kemhan pada kegiatan tersebut Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Letjen TNI Thamrin Marzuki. Kegiatan Pembukaan Taklimat Awal Post Audit Terhadap Program Kerja dan Anggaran TA. 2018 Triwulan IV dihadiri segenap pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

Sekjen Kemhan menekankan kepada Kasatker dan Kasubsatker bahwa pencapaian WTP Kemhan harus bersama – sama dapat diwujudkan menjadi keinginan bersama, sehingga kedepan (Unit Organisasi) UO Kemhan dan TNI kinerjanya akan lebih baik lagi.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan berharap agar kegiatan post audit ini dapat dijadikan sebagai moment dan juga bahan masukan bagi Kasatker dan Kasubsatker untuk melakukan perbaikan – perbaikan dalam rangka kesiapan bagi UO Kemhan menerima pemeriksaan eksternal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang direncanakan dilaksanakan pada minggu ke empat bulan Januari 2019.

SGY_3667“Rekomendasi yang diberikan oleh auditor Itjen Kemhan segera ditindaklanjuti untuk perbaikan Satker masing-masing, sehingga pada saat pemeriksaan BPK menghasilkan hasil opini terbaik dari BPK pada UO Kemhan. Kita berharap opini 2018 ada perubahan ke arah perbaikan dari WDP ke WTP”, pesan Sekjen Kemhan.

Sementara itu, Irjen Kemhan dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh para Kasatker yang menurutnya apabila dilihat dari hasil pemeriksaan telah menunjukan capaian kinerja yang semakin baik. “Artinya, upaya – upaya yang telah dilakukan sudah memperlihatkan hasilnya”, tandasnya.

Irjen Kemhan lebih lanjut menyampaikan bahwa selama ini pemeriksaan internal rutin yang dilakukan oleh Tim Itjen dilakukan secara Triwulan. Kegiatan periksaan ini dilaksanakan secara berlanjut dengan tujuan agar Laporan Keuangan Kemhan mendapatkan opini yang terbaik dari BPK yakni opini WTP.(BDI/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia