Menteri Pertahanan Meresmikan Peluncuran Kapal Selam Ke-3 Alugoro

Kamis, 11 April 2019

Surabaya – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meresmikan peluncuran Kapal Selam ke-3 Alugoro yang dipesan Kementerian Pertahanan RI kepada perusahaan galangan kapal asal Korea Selatan DSME, Kamis (11/4) di PT PAL Indonesia Surabaya.

“Peluncuran Kapal Selam ke-3 ini merupakan terobosan besar dalam Industri Pertahanan Nasional”ungkap Menhan

Dimana Kapal Selam tersebut dikerjakan dan dibangun secara bersama-sama (Joint Section) antara pihak PT PAL Indonesia (Persero) dan galangan Kapal DSME Korea Selatan dengan melibatkan Transfer Of Technology dan Transfer Of Knowledge.

Adapun penamaan kapal selam jenis ini disesuaikan dengan tradisi di TNI AL, Alugoro diambil dari senjata pemukul yang berbentuk alu yang dalam cerita pewayangan digunakan oleh Prabu Baladewa kemudian nama ini dipilih oleh Ny. Ryamizard Ryacudu sebagai penanda armada penjaga Tanah Air.

Lebih lanjut Menhan menyampaikan bahwa pengembangan Industri Pertahanan Nasional menuju kemandirian merupakan bagian integral dari upaya pemenuhan kebutuhan Alutsista TNI guna memperkuat postur pertahanan negara didalam mengantisipasi berbagai dinamika dimensi ancaman nyata dan belum nyata yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan NKRI.

Kapal Selam Alugoro ini juga merupakan alutsista modern berteknologi canggih terkini sehingga kehadirannya juga diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AL yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan, keutuhan dan kewibawaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menhan juga mengharapkan agar dengan masuknya Kapal Selam ke-3 yang dibuat oleh PT PAL bersama PT DSME ini akan dapat lebih meningkatkan efek gentar kekuatan daya tempur relatif pertahanan Indonesia yang tentunya akan diperhitungkan di dalam meningkatkan parameter perkuatan pertahanan kawasan maupun dunia. (DS/JL)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia