Menhan Minta Pejabat Kakanwil Kemhan di Daerah Waspadai Ancaman Terhadap Ideologi Negara

Senin, 13 Mei 2019

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan Pengarahan dan Pembekalan kepada para Pejabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kakanwil Kemhan) yang ada di seluruh wilayah Indonesia, Senin (13/5) di kantor Kemhan, Jakarta.

Dalam pengarahannya, Menhan meminta jajaran Kakanwil Kemhan untuk terus memprioritaskan dan mewaspadai derasnya ancaman terhadap ideologi negara Pancasila yang merupakan landasan fundamental kekuatan pemersatu bangsa guna menjaga tetap utuh dan tegaknya NKRI serta menjamin keselamatan bangsa dari berbagai tantangan dan ancaman yang masih akan terus berlangsung.

Guna menghadapi ancaman ideologis tersebut, diperlukan adanya suatu konsep penanaman wawasan kebangsaan yang kuat dan final kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mudah dipengaruhi dan terprovokasi oleh pemikiran-pemikiran bersifat materialis yang hendak menghancurkan ideologi bangsa yaitu Pancasila.

Ancaman terhadap ideologi negara inilah yang sering disebutkan oleh Menhan sebagai “Perang Modern” yaitu suatu metode perang yang relatif murah meriah, karena tanpa mengeluarkan 1 (satu) letusan peluru-pun, pihak musuh sudah dapat menghancurkan pilar dan sendi-sendi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menhan mengatakan bahwa Kakanwil Kemhan merupakan kepanjangan tangan atau Duta – duta Menhan di daerah yang bertugas untuk menjabarkan konsep strategi pertahanan dan penataan wilayah pertahanan sesuai gambar besar arsitektur wilayah pertahanan strategis yang ditetapkan oleh Menhan.

Untuk itu, lebih lanjut Menhan menekankan kepada segenap Kakanwil Kemhan harus benar-benar mengerti dan memahami tugas pokok-nya serta membangun sinergi yang kokoh dan harmonis dengan segenap aparat Pemerintah Daerah, Kodam dan aparat keamanan lainnya di wilayahnya masing – masing.

Selain jajaran Pejabat Kakanwil Kemhan di daerah, pengarahan Menhan tersebut juga dihadiri pejabat perwakilan dari TNI antara lain Danjen Akademi TNI, Aster Kasad, Aspotmar Kasal, Aspotdirga Kasau, Gubenur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU dan Danpusterad. Hadir pula sejumlah Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia