Pusdatin Kemhan Harus Siap dan Mampu Tangkal Serangan Siber

Jumat, 17 Mei 2019

Jakarta – Setiap Kementerian dan Lembaga harus dapat menjaga ketersediaan, keutuhan dan kerahasiaan informasi di ruang siber. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya serangan-serangan di ruang siber.

Oleh karenanya, diperlukan kesiapan Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan (Pusdatin Kemhan) dalam membangun dan membina kemampuan serta daya tangkal terhadap kemungkinan serangan siber yang dapat merugikan kepentingan pertahanan negara.

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Laksdya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A., saat memimpin Upacara Pengangkatan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapusdatin Kemhan, Jumat (17/5) di kantor Kemhan, Jakarta.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan mengatakan, peran dan keberadaan Pusdatin Kemhan sangat penting. Pusdatin Kemhan merupakan salah satu institusi pelaksana Kemhan yang fokus di bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi pertahanan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengamanan sistem informasi dan persandian, dan pembinaan jabatan fungsional pranata komputer dan fungsional persandian di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Uraian tugas tersebut mengisyaratkan bahwa sistem informasi pertahanan negara menuntut adanya rancangan dan pengelolaan sistem secara tepat, akurat dan mutakhir. Hal ini dimaksudkan untuk membantu proses pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan pimpinan secara cepat dan tepat terutama di bidang cyber defence.

Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan yang mengawaki peralatan siber juga harus unggul, handal dan memiliki kompetensi yang mumpuni. SDM pertahanan yang unggul dan handal serta mumpuni merupakan tanggung jawab Kemhan dalam mengawal pertahanan siber.

Pada kesempatan ini, jabatan Kapusdatin Kemhan diserahterimakan dari Laksma TNI Ir. Erwan Heruwicaksono, M.I.T., M.Han., kepada Kolonel Chb. Dominggus Pakel, S.Sos, M.M.S.I.,. Upacara Sertijab tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Setjen Kemhan.

Kepada pejabat Kapusdatin Kemhan yang baru dilantik, Sekjen Kemhan berharap mampu mengemban tugas dengan baik dalam membangun dan membina kemampuan serta daya tangkal pertahanan siber di lingkungan Kemhan. (BDI/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia