Usai 4,5 Bulan Ikuti Rehabilitasi Terpadu, 75 Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan Siap Menjadi Insan Mandiri

Selasa, 21 Mei 2019

Jakarta – Sebanyak 75 Orang Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kementerian Pertahanan yang berasal dari Satuan di seluruh Indonesia telah selesai mengikuti Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil yang diselenggarakan oleh Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) Kemhan.

Hal itu ditandai dengan Upacara Penutupan Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gelombang I Tahun Anggaran 2019 oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pusrehab Kemhan Kol Cpm. Wahyudi Hesti Wahono, SE.,MM., mewakili Kapusrehab Kemhan, Selasa (21/5) di kantor Pusrehab Kemhan, Bintaro, Jakarta Selatan.

Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gelombang I Tahun Anggaran 2019 merupakan kegiatan rehabilitasi vokasional yang dipadukan dengan rehabilitasi medik, rehabilitasi sosial dan pelayanan Rumah Sakit dr Suyoto Pusrehab Kemhan.

“Rehabilitasi terpadu ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjadikan penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan menjadi insan yang mandiri, profesioanal dan entrepreneurship”, ungkap Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Asrofi S. Surachman, SpBK-RE(K), MARS dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabag TU Pusrehab Kemhan.

Lebih lanjut Kapusrehab Kemhan mengatakan, melalui rehabilitasi terpadu, para penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan telah dibekali berbagai keterampilan, pengetahuan dam teknologi agar memiliki kompetensi di bidangnya masing – masing.

Pada akhir kegiatan rehabilitasi, para peserta juga diberikan bantuan peralatan kerja mandiri bagi mereka yang telah lulus sesuai kompetensi masing – masing. Dengan bantuan peralatan kerja mandiri ini diharapkan nantinya para penyandang disabilitas mampu mengaplikasikan keterampilan yang telah diperoleh untuk kepentingan dinas atau persiapan untuk kegiatan dinas atau persiapan untuk kegiatan berwira usaha.

“Sehingga pada akhirnya, para peserta rehabilitasi terpadu mampu meningkatkan kesejahteraan diri maupun keluarganya serta dapat melaksanakan fungsi sosial secara wajar di masyarakat”, tambah Kapusrehab Kemhan.

Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gelombang I Tahun Anggaran 2019 ini telah dilaksanakan selama 4,5 bulan terhitung mulai tanggal 8 Januari sampai dengan 21 Mei 2019.

Rehabilitasi terpadu dilaksanakan di Pusrehab Kemhan, Jl RC Veteran No 178 Bintaro Jakarta Selatan, dan di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Kementerian Sosial di Surakarta.

Adapun 75 peserta yang mengikuti Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gelombang I Tahun Anggaran 2019 meliputi 61 orang dari TNI AD, 8 orang dari TNI AL, 4 orang dari TNI AU dan 2 orang dari PNS. (BDI/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia