Kemhan Bersama Ombudsman Tingkatkan Pelayanan Publik di Sektor Pertahanan

Kamis, 23 Mei 2019

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima Tim Ombudsman Republik Indonesia yang dipimpin oleh Anggota Ombudsman Republik Indonesia Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S., bersama Anggota Ombudsman Republik Indonesia Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala M.Si., M.Sc, Ph.D. Kamis (23/5) di kantor Kemhan, Jakarta.

Kunjungan Tim Ombudsman ke Kemhan kali ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi dan hubungan kerja sama yang lebih dekat dalam kaitan peningkatan mutu pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Kemhan yakni terutama pelayanan publik di bidang pertahanan.

Kami ingin menyampaikan satu terkait dengan tugas pokok dan fungsi Ombudsman sebagai lembaga yang diberi tugas pengawasan pelayanan publik. Lebih mendekat lagi bagaimana pelayanan publik di sektor pertahanan dan keamanan. Karena bagaimanapun ini bagian tupoksi, yang ingin bersama sama kami lakukan”, jelasnya.

Lebih lanjut Anggota Ombudsman RI Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S. yang juga datang bersama Tim Ombudsman Republik Indonesia yang membidangi pertahanan dan keamanan menyampaikan bahwa hubungan kerja sama antara Ombustmen dan Kemhan selama ini sudah sangat baik yang ditandai dengan tercapainya standart pelayanan yang sudah mencapai 100 % atau masuk zona hijau.

Namun menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dilihat dan menjadi perhatian untuk diperbaiki bersama, karena bagaimanapaun ada yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat. “Salah satu yang kita konsen diantaranya unit pengaduan itu di masing masing matra, apakah itu sudah terfasilitasi. Karena tidak hanya berhenti di standart pelayanan, tetapi bagaimana standart pelayanan dilaksanakan”, jelasnya.

Sementara itu, Menhan mengatakan terima kasih atas penilaian yang terbaik dari Ombudsman kepada Kemhan yakni Penganugerahan Tertinggi Predikat Survei Kepatuhan 2018 dari Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman RI. Kemhan termasuk salah satu dari 5 Kementerian yang masuk dalam zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi.

Atas anugerah tersebut, Menhan menyampaikan rasa syukur, dan berharap kedepan dapat mempertahankan prestasi tersebut bahkan ditingkatkan lebih baik lagi.

“Terima kasih atas penilaian yang terbaik kemarin. Saya bersyukur, mudah – mudahan bisa mempertahankannya. Karena mempertahankan tentunya akan lebih berat, tetapi dengan profesionalisme dan taat sesuai dengan koridor aturan yang berlaku baik untuk yang level bawahan sampai pimpinan, hal itu bukan hal yang sulit”, turut Menhan.

Turut mendampingi Menhan dalam kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Agus Setiadji, S.IP., M.A., dan Inspektur Jenderal Kemhan Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A, dan beberapa Eselon II di lingkungan Kemhan. (BDI/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia