ASEAN Kunci dan Modal Utama Negara – negara di Dunia dalam Perdamaian Dunia

Jumat, 31 Mei 2019

Singapura – Sehari sebelum berlangsungnya Shangri-la Dialogue 2019 di Singapura, Menhan RI Ryamizard Ryacudu melakukan pertemuan dengan para menteri pertahanan ASEAN dengan Pejabat sementara Menteri Pertahanan AS Patrick Michael Shanahan, Jumat (31/5). Dalam kesempatan tersebut, Menhan RI menggarisbawahi kekuatan ASEAN yang telah lebih dari 51 tahun bersatu walaupun memiliki banyak perbedaan. Persatuan itu yang menjadi kekuatan bersama ASEAN untuk menghadapi berbagai ancaman.

Diungkapkan Menhan RI, ancaman utama ASEAN saat ini adalah terorisme dan radikalisme. Dalam mengatasi ancaman tersebut negara-negara ASEAN melakukan kolaborasi dengan menjaga keamanan kawasan. Lebih lanjut Menhan RI mengatakan ASEAN saat ini menjadi modal utama atau kunci bagi negara-negara di dunia mengingat letak geografis ASEAN yang stretegis dan sebagai jalur perdagangan dunia. Untuk itu modal ini hendaknya dijaga demi terciptanya perdamaian dunia.

Berbagai kerjasama telah terjalin tidak hanya dengan negara-negara dalam kawasan,namun juga dengan negara diluar ASEAN. Ada dua platform kerja sama ASEAN dalam bidang keamanan yang berhasil mengatasi ancaman bersama. Platform itu adalah kerja sama Trilateral Indonesia-Malaysia-Filipina untuk mengatasi masalah di Laut Sulu dan Laut China Selatan serta kerja sama intelijen Our Eyes.

Kerjasama Our eyes selain mengatasi masalah terorisme dan radikalisme di kawasan juga sebagai wadah pemersatu negara-negara ASEAN dan lebih luas lagi dengan negara di luar negara ASEAN yang dikenal dengan ASEAN Plus.

Senada dengan Menhan RI, Amerika melalui Pejabat Sementara Menhan mengatakan bahwa Amerika antusias untuk membangun kerja sama dengan negara-negara di kawasan ASEAN. Ada kesamaan cara pandang dan tujuan serta adanya ancaman yang harus dihadapi bersama. Selain itu juga ada keinginan untuk membangun kerja sama dan stabilitas keamanan di kawasan.

Amerika mengapresiasi keberadaan ASEAN dan menyatakan AS sebagai mitra ASEAN berkomitmen untuk terus memperkuat kinerja dan kapasitas ASEAN untuk menghadapi potensi ancaman di kawasan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia