Rekat Anak Bangsa Menuju Indonesia Sejuk, Menhan Ajak Seluruh Elemen Bangsa Jaga Persatuan

Kamis, 27 Juni 2019

Jakarta- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menghadiri acara Silaturahim dan Halal Bihalal dengan tema “Rekat Anak Bangsa, Menuju Indonesia Sejuk” yang diselenggarakan oleh Forum Rekosiliasi Masyarakat (REKAT), Kamis (27/6) di Jakarta.

Menhan dalam sambutannya menyampaikan, menyambut baik diselenggarakan acara silaturrahim ini dan mengajak kepada seluruh komponen serta elemen bangsa untuk bersama – sama menjaga perdamaian, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Mari kita jaga persatuan bangsa ini, karena justru dengan persatuan itulah bangsa ini maju dan dengan persatuan itulah bangsa ini kuat. Ini adalah tugas kita bersama untuk selalu menjaga keutuhan sebuah bangsa dan negara yang besar yang telah diridhoi dan mendapat rahmat Allah SWT”, ungkap Menhan.

Lebih lanjut Menhan mengungkapkan bahwa sejak dahulu kala dan hingga saat ini, masyarakat dunia telah mengenal bangsa Indonesia sebagai bangsa yang solid, serta bangsa yang sangat toleran, ramah tamah dan murah senyum.

Lebih penting lagi, bangsa Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang sangat mencintai perdamaian dan kedamaian, menghormati berbagai perbedaan walaupun bangsa Indonesia memiliki beribu-ribu perbedaan mulai dari suku, aga!a dan ras, serta selalu menyelesaikan masalah dengan semangat perdamaian dan semangat persatuan serta musyawarah untuk mufakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Paska Pemilu ini, Menhan lebih lanjut mengajak semua elemen bangsa untuk menyatukan perbedaan dan merajut kembali benang-benang perekat persatuan demi mewujudkan kepentingan negara dan bangsa yang lebih besar yaitu terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur Berdasakan Pancasila dan UUD 45.

“Mulai saat ini tidak ada lagi namanya 01 maupun 02, tapi kita semua bersaudara sebagai bangsa Indonesia yang utuh dan tidak akan pernah terpisahkan sepanjang masa. Marilah kita bersama – sama menjaga kedamaian bangsa dan negara Indonesia”, tandas Menhan.

Acara Silaturahim dan Halal Bihalal “Rekat Anak Bangsa, Menuju Indonesia Sejuk” berlangsung dengan penuh semangat persaudaraan dan persatuan tersebut dihadiri sejumlah ulama dan tokoh agama serta perwakilan dari organisasi kemasyarakatan lainnya.

Selain halal bihalal dalam rangka menyambung tali silaturrahim sesama anak bangsa, acara juga diisi dengan penantanganan Petisi Rekat Bangsa yang berisi tiga kesepakatan, Pertama, kesepakatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia; Kedua, bersama – sama menciptakan Indonesia yang damai, sejuk tenteram, damai dan aman; dan Ketiga, sepakat untuk menghormati dan menghargai perbedaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Turut mendampingi Menhan dalam kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Agus Setiadji, Inspektur Jenderal Kemhan Laksdya TNI Didit Herdiawan serta beberapa pejabat di lingkungan Kemhan. (BDI/RAF)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia