Pusreh Kemhan – Kemsos Solo Adakan Rehabilitasi Terpadu Gelombang II

Kamis, 4 Juli 2019

Jakarta — Pusat Rehabilitasi (Pusreh) Kemhan sebagai penyelenggara kegiatan rehab bagi penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan, mengadakan Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gelombang II TA. 2019. Pelatihan rehabilitasi kali ini diadakan selain di Pusrehab Kemhan Jakarta juga di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. Dr. Soeharso Kemsos Surakarta.

Rehabilitasi Terpadu yang dibuka Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Asrofi S. Surachman, SpBP-RE(K), MARS, Rabu (3/7), akan berlangsung selama 4,5 bulan terhitung mulai hari ini sampai dengan 12 November 2019 dan diikuti tujuh puluh lima orang penyandang disabilitas.

Selama mengikuti rehabilitasi terpadu yang para peserta akan mendapatkan rehabilitasi vokasional yang dipadukan dengan rehabilitasi medik, rehabilitasi sosial dengan sarana rumah sakit serta dukungan administrasi.

Adapun tujuan dari rehabilitasi adalah untuk memulihkan dan mengembangkan keterampilan, kemampuan fisik, mental, sosial dan psikis, agar penyandang disabilitas memiliki rasa percaya diri serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat.

Saat membuka Rehabilitasi Terpadu, Kapusrehab mengatakan di akhir kegiatan peserta akan diberikan bantuan peralatan kerja mandiri yang telah memenuhi standar kompetensi pada masing-masing jurusan.

Pusrehab menyiapkan kegiatan pelatihan vokasional sebanyak 15 jurusan keterampilan diantaranya automekanik mobil/motor, teknik pendingin/komputer, desain grafis fotografi, musik, tata boga dan masih banyak lagi.

Kapusrehab berharap para peserta menerapkan kemampuan dan pengalamannya baik di lingkungan pekerjaan maupun membua usaha mandiri sesuai dengan bidangnya. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya.  (ERA/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia