Kemhan RI – Kemlu RI Tingkatkan Sinergi A Whole of Government Approach

Sabtu, 6 Juli 2019

Jakarta – Dalam rangka mempererat koordinasi dan meningkatkan kerjasama pertahanan antara Republik Indonesia dan Amerika Serikat, Kemhan RI melalui Kepala Biro Tata Usaha (Karo TU) Setjen Kemhan melakukan pertemuan dengan Direktur Amerika I Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

Karo TU Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie saat melakukan pertemuan dengan Dir. Amerika I Ditjen Amerika dan Eropa Kemlu Zelda Wulan Kartika, Kamis (4/7), mengungkapkan bahwa pertemuan koordinasi dengan Dir. I Amerika Kemlu merupakan agenda rutin untuk meningkatkan sinergi a whole of government approach dalam menangani berbagai isu dan agenda terkait peningkatan kerjasama pertahanan antara RI – AS.

Lebih lanjut dikatakan Karo TU Setjen Kemhan meskipun kerjasama pertahanan antara kedua negara semakin baik, Indonesia adalah negara yang menganut prinsip diplomasi bebas aktif sehingga diperlukan koordinasi and sinergi yang baik dengan Kementerian Luar Negeri. Hal ini dimaksudkan agar kepentingan negara dapat terwujud dengan sebaik-baiknya melalui diplomasi yang kuat dan selaras.

Menanggapi hal tersebut, Dir. Amerika I memberikan apresiasi kepada Kementerian Pertahanan atas komitmen dan inisiatif untuk mempererat koordinasi dalam rangka memperkuat upaya diplomasi RI di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Asia Timur akibat sengketa wilayah dan ancaman terorisme.

Dalam pertemuan tersebut juga turut dibahas antara lain hasil kunjungan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu ke Singapura untuk menghadiri Shangri-La Dialogue yang berlangsung tanggal 31 Mei lalu. Selain itu kunjungan Plt Menteri Pertahanan Amerika Serikat Patrick Shanahan ke Jakarta tanggal 30 Mei dan kerjasama intelijen dan pertukaran informasi Our Eyes Initiative yang digagas oleh Menhan Ryamizard Ryacudu juga menjadi pembahasan kedua pejabat pemerintahan tersebut.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia