Menhan RI Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Menhan ASEAN dalam 13th ADMM

Kamis, 11 Juli 2019

Bangkok — Di sela-sela kegiatan 13th ADMM yang berlangsung di Bangkok Thailand, Menhan RI melakukan courtesy call (cc) berturut-turut dengan Menhan Kamboja, Laos dan Thailand, Kamis (11/7). Kepada Menhan Kerajaan Kamboja, Menhan RI Ryamizard Ryacudu menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Kamboja setelah berakhirnya pertemuan 13th ADMM.

Diungkapkan Menhan Kerajaan Kamboja Samdech Pichey Sena Tea Banh bahwa pertemuan kedua Menteri Pertahanan ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Selain itu pertemuan kedua negara ini juga mengingatkan sejarah masa lalu dimana kedua negara saling membantu satu sama lain.

Dalam kesempatan tersebut, pemerintah Kamboja menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas dukungannya dalam mengirim instruktur Pasukan Pengamanan Presiden dan unit 911.

Selanjutnya di tempat yang sama, Menhan RI juga melakukan pembicaraan (cc) dengan Menhan Laos Jenderal Chansamone Chanyalath. Diungkapkan Menhan laos bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menhan RI ke Laos tahun 2016 dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan Laos menyampaikan ucapan terima kasih atas beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia kepada perwira militer Laos untuk mengikuti pendidikan dan latihan Indonesia. Indonesia juga memfasilitasi pelatihan militer Laos dan Australia.

Pembicaraan bilateral dilanjutkan dengan pertemuan (cc) antara Menhan RI dan Menhan Thailand sekaligus merangkap tugas Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha. Menhan Thailand menyampaikan harapannya kepada Indonesia dapat berpartisipasi dalam latihan militer Angkatan Bersenjata Thailand — Amerika yang akan berlangsung pada 31 Agustus — 6 September 2019.

Menanggapi hal tersebut, Menhan RI mengatakan bahwa kerjasama adalah suatu keharusan. Sejak ASEAN berdiri selama 52 tahun tidak timbul permasalahan, justru hubungan negara anggota ASEAN semakin membaik. Inilah yang disebut dengan keajaiban dunia. Menurut Menhan RI tidak mudah untuk menjaga hubungan baik tersebut namun ASEAN telah membuktikan selama 52 tahun.

Terkait dengan latihan bersama yang akan dilakukan Thailand dan Amerika, Menhan RI mendukung sepenuhnya dan berjanji akan mengirimkan personel TNI untuk berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. (ERA/JLY)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia