Menhan Berikan Pembekalan Para Danlemdik TNI Terkait Pembinaan Bela Negara Bagi Mahasiswa Baru

Jumat, 19 Juli 2019

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan pembekalan kepada para Komandan Lembaga Pendidikan (Danlemdik) di lingkungan TNI dan juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kakanwil Kemhan) terkait dengan penyelenggaraan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Bagi Mahasiswa Baru, Jumat (19/7) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Pembekalan diikuti 62 Pejabat Danlemdik di lingkungan TNI dan juga 34 Pejabat Kakanwil Kemhan. Pembekalan juga mengundang tiga pembicara sebagai nara sumber yakni Rektor UPN Yogyakarta, Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan dan Danrindam III / Siliwangi. Hadir pula para Komandan Pendidikan dan Pelatihan (Dankodiklat) di lingkungan TNI serta pejabat Eselon I dan II Kemhan.

Kegiatan pembekalan ini diselenggarakan dalam rangka menyatukan pandangan guna diperoleh konsep, sistem dan metode serta pemahaman yang sama, sehingga penyelenggaraan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bagi Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh Lemdik TNI dapat berjalan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam rangka penyelenggaraan PKBN bagi generasi muda terutama Mahasiswa, Kemhan telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diformalkan dalam bentuk Kesepakatan Bersama antara Menteri Pertahanan dengan Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 6 Agustus 2015.

Selanjutnya untuk mengakselerasi penyelenggaraan PKBN bagi Mahasiswa, Kemhan juga telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Pimpinan Universitas/Institut/Sekolah Tinggi dan Politeknik serta Lembaga Layanan Perguruan Tinggi pada tanggal 25 Juli 2017.

Dari hasil Rakor tersebut bahwa PKBN bagi Mahasiswa yang bertujuan untuk membangun karakter dan jati diri bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta kesetiaan kepada ideologi Pancasila diselenggarakan melalui kegiatan Pengenalan Kampus bagi mahasiswa baru di setiap Perguruan Tinggi.

Dalam pelaksanaannya, setiap perguruan tinggi dapat bekerjasama dan bersinergi dengan seluruh Lembaga Pendidikan TNI yang berada di wilayahnya, sehingga penyelenggaraan PKBN bagi mahasiswa baru dapat berjalan secara efisien, ekektif dan berkualitas serta sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

Demikian Siaran Pers Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia