Silaturahmi Purnawirawan TNI dan Ziarah Bersama ke Makam Pangsar Jenderal Sudirman

Senin, 29 Juli 2019

Latar belakang sejarah TNI telah menempatkan TNI Menjadi salah satu institusi terpenting dalam sejarah INdonesia, selain sebagai kekuatan bersenjata yang besar, maka TNI juga memiliki kekuatan sosiopolitik dan kultural yang sangat menentukan dalam setiap pengambilan keputusan dan kebijakan negara.

Panglima Besar Jenderal Sudirman sebagai pejuang, pahlawan, pendiri dan Bapak TNI, adalah salah satu tokoh yang pantas untuk dijadikan panutan, tauladan dan inspirasi bagi Prajurit dan Rakyat Indonesia saat ini. Beliau telah memberikan contoh nyata dari arti sebuah perjuangan, dedikasi dan pengorbanan demi tegak kokohnya NKRI, yang mengabaikan diri sendiri dan keluarga untuk kepentingan dan tujuan yang lebih besar yaitu bangsa dan negaranya. Berbagai pernyataan beliau terkait jiwa dan semangat pengabdian kepahlawanan, rela berkorban dan pantang menyerah masih dapat kita baca dan jadikan sebagai inspirasi dan pegangan bagi semua terutama para purnawirawan dan seluruh Prajurit TNI. Keberadaan Purnawirawan TNI tidak akan pernah bisa dilepaskan begitu saja dari pengaruh sosiopolitik kontekstual yang berkembang.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Pertahanan menyelenggarakan Silaturahmi Purnawirawan TNI dan Ziarah Bersama ke Makam Pangsar Jenderal Sudirman dengan maksud dan tujuan untuk merajut kembali persatuan dan soliditas Purnawirawan TNI paska kontestasi politik terkini. Silaturahmi Purnawirawan TNI akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (29/7) di Gedung A.H. Nasution Kemhan, Jakarta.

Melalui kegiatan tersebut Menhan mengajak kita untuk mengedepankan dan memperbesar persamaan silaturahmi diantara kita, sembari memperkecil pembahasan jurang perbedaan yang tidak perlu diperdebatkan karena hakekatnya sudah berbeda. Perbedaan adalah suatu keniscayaan yang harus dihadapi.

Kegiatan Silaturahmi Purnawirawan TNI menghadirkan narasumber Letjen TNI (Purn) Rais Abin dan Letjen TNI (Purn) Widjojo S. serta dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan, beberapa Perwakilan Pati TNI, Para Pejabat di lingkungan Kemhan, dan perwakilan dari berbagai elemen masyarakat.

Demikian Siaran Pers Biro Hubungan Masyarakat Setjen Kemhan




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia