Irjen Kemhan Tutup Latma Indomalphi Middle Land Exercise 2019 di Tarakan

Rabu, 7 Agustus 2019

Tarakan – Latihan Bersama (Latma) Indomalphi Middle Land Exercise Tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan (Irjen Kemhan) Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Rabu (7/8) di Yonif Raider 613/RJA Raja Alam, Tarakan, Kalimatan Utara. Pada kesempatan tersebut, Irjen Kemhan mewakili Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu.

Latma Indomalphi Middle Land Exercise 2019 telah dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli 2019, diikuti oleh Angkatan Darat dari tiga negara yaitu TNI AD yang diwakili Batalyon Infanteri Raider 613/Rja Alam, Observer Angkatan Darat Negara Malaysia dan Observer Angkatan Darat Negara Philipina.

Latma ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama perbatasan di antara tiga negara dalam rangka menangkal aksi teroris serta kejahatan lintas negara lainnya juga untuk berkontribusi pada perdamaian, keamanan, stabilitas dan kemajuan ekonomi di wilayah kawasan tiga negara.

Menhan RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irjen Kemhan mengatakan bahwa Latma ini memiliki manfaat yang sangat besar melalui adanya pertukaran pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan teroris, meningkatkan persahabatan dan kepercayaan antara Angkatan Darat ketiga negara serta untuk memberikan deterrence bagi kelompok terorisme.

“Latihan bersama Indomalphi Middle Land Exercise yang diselenggarakan dalam rangka menghadapi aksi terorisme saat ini memiliki nilai strategis yang sangat penting terhadap stabilitas keamanan di wilayah Asia Tenggara.”, tambah Menhan RI.

Menhan lebih lanjut mengatakan, ancaman terorisme pada saat ini telah bergeser dan menyebar ke seluruh dunia menjadi ancaman yang paling nyata dan berbahaya. Kelompok Teroris yang dihadapi sudah menjadi terorisme transnasional yang penanganannya memerlukan kerjasama antara beberapa negara sehingga dapat ditumpas sampai tuntas.

Untuk menjaga keamanan di wilayah perairan Laut Sulu yang berbatasan dengan Indonesia, Malaysia dan Filiphina diselenggarakanlah kerjasama keamanan tiga negara atau kerjasama Indomalphi (Indonesia-Malaysia-Philipina) dalam wadah Trilateral Cooperation Arrangement (TCA).

Selain kegiatan TCA tersebut, saat ini dilakukan inisiasi kerjasama keamanan darat dalam bentuk Indomalphi Land Exercise yang saat ini sudah memasuki tahapan Indomalphi Middle Land Exercise.

Kegiatan latihan bersama ini sangat penting untuk melatih ketrampilan, kesiapsiagaan,dan komunikasi antara pasukan darat dalam menghadapi bahaya teroris sehingga perlu dikembangkan pada masa yang akan datang.
Mengakhiri sambutannya Menhan RI mengharapkan latihan darat yang diikuti oleh pasukan darat ketiga negara ini akan dapat terus berkembang dalam meningkatkan profesionalisme dan koordinasi guna menghadapi terorisme sebagai musuh dan ancaman bersama.

Hadir pada acara penutupan Latma tersebut, Staf Ahli Bidang Milkam Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan, Asops Kasad, Wakil Gubernur Kalimatan Utara serta sejumlah Pejabat Kemhan dan Pejabat Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia