Menhan RI: Pancasila Adalah Indonesia, Mengganti Pancasila Berarti Mengganti Indonesia

Selasa, 13 Agustus 2019

Solo – Pancasila adalah Indonesia itu sendiri, mengganti Pancasila berarti mengganti Indonesia. Pancasila akan timbul dan tenggelam bersama negara ini, hancurnya Pancasila adalah terpecahnya negara.

Oleh karena itu sudah menjadi kesepakatan dan tugas bersama untuk selalu menjaga dan melestarikan Pancasila sebagai identitas bangsa yang harus selalu tercermin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu saat memberikan kuliah umum dihadapan sekitar 8611 mahasiswa baru Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Angkatan 2019 di Surakarta, Rabu (13/08).

Lebih lanjut dikatakan Menhan bahwa mahasiswa UNS Solo merupakan putra-putri terbaik bangsa yang memiliki keistimewaan, bukan hanya karena telah terpilih sebagai duta-duta Bela Negara dan pembangunan bangsa ke depan. Akan tetapi karena mahasiswa UNS juga telah mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar terpilih yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Dalam kuliah umum dengan tema “Bela Negara Sebagai Penangkal Radikalisme di Kampus,” Menhan berpesan sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul serta berkarakter, hendaknya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu juga hendaknya mahasiswa UNS memiliki kekuatan Integritas kepribadian yang Pancasilais, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah.

Ideologi negara merupakan Bintang Penuntun yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Setiap negara memiliki konsep Ideologinya masing-masing sebagai Simbol Pemersatu yang khas dan pas untuk negaranya sendiri.

Pada akhir pembekalannya, Menhan mengajak kepada seluruh mahasiswa UNS harus mengambil peran dan berdiri paling depan untuk terus menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara tercinta ini. Karena Pancasila adalah ideologi negara yang sudah final menjadi harga mati yang tidak boleh ditawar – tawar lagi.

Hal ini pula yang disampaikan Menhan RI dihadapan mahasiswa UPN Veteran Jogjakarta dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke UNS Solo dan UPN Veteran Jogjakarta di hari yang sama. (ERA/JLY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia