Kemhan Kerja Sama dengan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor

Selasa, 3 September 2019

Bogor Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2014 yang dijabarkan dalam Permenhan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Organisasi Tata Kerja Kementerian Pertahanan, Badan Instalasi Strategis Pertahanan (Bainstrahan Kemhan) mengemban mandat sebagai pengelola kawasan instalasi strategis nasional/Indonesia Peace and Security Center (IPSC) guna mencapai keterpaduan dan sinergitas antar Kementerian/Lembaga di Kawasan IPSC. Pelaksanaan tugas dan fungsi Bainstrahan tersebut dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Kawasan yang berada di Sentul Bogor.

Kepala Pusat Pengelola Kawasan (Kapuslola Kawasan) Bainstrahan Kemhan Laksma TNI Umar Arief, S.E. menandatangani nota kesepahaman antara Kemhan dengan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Selasa (3/9), di Kantor PPSDK Bagian Bahasa Kemdikbud, Sentul, Bogor.

Dalam sambutannya, Kapus Lola mengatakan bahwa kawasan Sentul berada di atas lahan seluas 261 Ha, dengan kondisi tanahnya beragam dan berbukit-bukit, yang ditempati oleh 7 (tujuh) satuan (K/L) terdiri dari PMPP, BNPB, BNPT, Unhan, Stand by Force, PPSDK, dan Pus Lola Kawasan, sehingga sangat banyak membutuhkan ketersediaan air bersih. Oleh karena itu, IPSC selain sebagai kawasan latihan dan perkantoran, juga harus menjadi daerah resapan air, lahan hijau dan paru-paru bagi Kabupaten Bogor.

Dalam rangka mewujudkan ketersediaan dan distribusi air bersih, Kemhan berharap untuk menjadi landasan yang kuat dan mensukseskan serta meningkatkan kerja sama antara Kemhan dan PDAM Tirta Kahuripan.

Mengakhiri sambutannya, Kapuslola berharap agar kedua belah pihak segera menyusun rencana kegiatan yang lebih terinci dan teknis dalam bentuk rencana kerja. Kemudian di implementasikan melalui kegiatan supervisi dan pendampingan dalam pemeliharaan dan operasional instalasi pengolahan air dan unit distribusi di kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC).

Hadir pada acara tersebut Direktur PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Bapak Drs. Hasanudin Tahir, M.M. didampingi Sekretaris Badan Instalasi Pertahanan (Sesbainstrahan) Kemhan Laksma TNI (Mar) Joko Supriyanto, S.H., para Pejabat Eselon III dan IV Pus Lola Kawasan Bainstrahan Kemhan beserta staf, para pejabat dari PDAM beserta staf, serta para perwakilan stakeholder di kawasan IPSC Sentul.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia