Gelar PCTA 2019, Kemhan Ajak Generasi Muda Bela Negara Melalui Inovasi dan Kreativitas

Selasa, 10 September 2019

Denpasar – Dalam upaya mensosialisasikan dan menanamkan nilai – nilai kesadaran Bela Negara kepada Generasi Muda Indonesia, Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditjen Strahan) Kemhan kembali menyelenggarakan kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Pusat Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan PCTA yang digelar rutin setiap tahun ini, berlangsung dari tanggal 9 sampai dengan 13 September 2019 dan dibuka resmi dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Strahan Kemhan Mayjen TNI Rizerius Eko Hadisancoko, Selasa (10/9) di Denpasar, Bali.

PCTA Tahun 2019 mengangkat tema “Mewujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif”, diselenggarakan dalam bentuk lomba karya inovasi dan kreatifitas antar Pelajar SLTA Sederajat dan antar Mahasiswa Perguruan Tinggi.

Lomba tersebut diikuti perwakilan dari 34 Provinsi di Seluruh Indonesia yang masing – masing diwakili oleh Pemenang Lomba PCTA Tingkat Provinsi. Para peserta lomba menampilkan karya terbaiknya mulai kreasi kuliner, ragam aplikasi hingga teknologi.

Dirjen Strahan Kemhan mengatakan, melalui penyelenggaraan PCTA ini diharapkan Generasi Muda Indonesia mampu menampilkan hasil inovasi dan karya nyata serta pengetahuannya secara konstruktif dan komprehensif, sebagai wujud generasi muda yang memiliki karakter kebangsaan dan cinta tanah air.

“Generasi muda diharapkan berinovasi untuk hal yang positif untuk membangun jati dirinya sebagai Generasi Muda Indonesia yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat”, tutur Dirjen Strahan Kemhan.

Menurut Dirjen Strahan Kemhan, generasi muda sebagai dinamisator pembangunan nasional perlu mendapat perhatian secara serius. Hal mendasar yang harus dimiliki oleh generasi muda dalam memberikan kontribusi mengisi kemerdekaan adalah senantiasa menjaga martabat bangsa serta pemahaman tentang apa dan bagaimana bangsa ini mewujudkan masa depannya.

Generasi muda sekarang harus dapat menyikapi perkembangan yang terjadi di dunia, selalu mengambil sisi positif, dan meninggalkan sisi negatifnya. Generasi muda sekarang juga harus memiliki semangat membangun negara Indonesia yang mandiri, bersatu dan damai walaupun berbeda agama, suku, dan budaya, dapat berpikir rasional, demokratis, dan kritis.

Pada rangkaian kegiatan PCTA Tahun 2019, selain mengikuti pelaksanaan lomba para peserta juga diberikan pembekalan motifasi dari Pengusaha toko oleh-oleh Krisna Gusti Ngurah Anom dan Pengusaha kerajinan tangan Bara Silver Putu Sudi Adnyani.

Sedangkan Puncak dari kegiatan PCTA Tahun 2019 akan digelar pada hari Kamis (12/9) yang akan dihadiri langsung oleh Menhan Ryamizard Ryacudu bersama Ibu Nora Ryamizard Ryacudu untuk memberikan pengarahan kepada para Peserta Lomba PCTA Tahun 2019. (BDI/ACP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia