Irjen Kemhan Tekankan Satuan Inspektorat Harus Jadi Agen Perubahan Untuk Peningkatan Kinerja Organisasi

Selasa, 17 September 2019

Jakarta – Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan menekankan kepada jajaran Satuan Kerja Inspektorat baik di lingkungan Kementerian Pertahanan, Mabes TNI dan juga Mabes ketiga Angkatan harus menjadi agen perubahan dalam rangka penyelerasan dan peningkatan kinerja organisasi.

Penekanan tersebut disampaikan Irjen Kemhan saat memberikan pengarahan kepada para Pejabat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Kemhan dan TNI, Selasa (17/9) di kantor Kemhan, Jakarta.

Hadir pada pengarahan tersebut para pejabat APIP baik dari Kemhan, Mabes TNI dan Mabes TNI AD, TNI AU dan TNI AL. Pada kesempatan tersebut, Irjen Kemhen memberikan pengarahan terkait tentang Pre Audit, Current Audit, Post Audit dan Progres Satuan Tugas (Satgas) Pemantauan Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK RI.

Lebih lanjut Irjen Kemhan mengatakan, melalui kegiatan pengarahan ini diharapkan terwujdu kesamaan presepsi pelaksanaan tugas – tugas kedepan dalam rangka peningkatan kinerja, baik Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan Darat, Laut dan Udara.

“Sebagai APIP telah membangun komunikasi. Komunikasi ini diharapkan tidak berhenti dan terus berjalan dan juga terus berkoordinasi dengan instansi / lembaga terkait lainnya. Kegiatan ini perlu diadakan agar komunikasi dan kerja sama tidak terputus terutama dalam rangka peningkatan kinerja yakni tercapainya opini WTP”, tuturnya.

Irjen Kemhan berharap upaya – upaya perbaikan kinerja terus dilakukan sehingga ada progres yang semakin baik, mulai dari masing – masing individu, Sub Satker sampai dengan Satker. Upaya yang perlu dibangun adalah peningkatan di dalam proses manajemen yang dilaksanakan oleh pelaksana.

Dalam rangka percepatan perbaikan kinerja, diharapkan implementasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) yang ada kaitannya dengan zona integritas sudah diterapkan. Contoh dari zona integritas dapat dijadikan model atau contoh bagi satuan – satuan lain.(BDI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia