Wujudkan Pengawasan Yang Profesional, Itjen Kemhan Menyusun Mekanisme Kerja dan Log Book

Senin, 30 September 2019

Jakarta – Dalam upaya mewujudkan pelaksanaan tugas pengawasan yang lebih professional, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan (Itjen Kemhan) telah menyusun Log Book Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) sebagai buku pegangan bagi para Auditor dalam melaksanakan Wasrik.

“Log Book Pengawasan dan Pemeriksaan ini diharapkan dapat menjadi buku pegangan bagi Auditor dan pejabat lainnya yang ditunjuk sebagai aparat pengawasan fungsional, sehingga mempunyai bekal pengetahuan yang cukup dan dapat didayagunakan secara optimal dalam melaksanakan tugas Wasrik di manapun berada”, ungkap Irjen Kemhan Laksdya TNI Didit Herdiawan,M.P.A., M.B.A,

Selain telah menyusun Log Book Wasrik, Itjen Kemhan juga telah menyusun Peraturan Inspektur Jenderal (Perinjen) tentang Mekanisme Hubungan Kerja di Lingkungan Itjen Kemhan yang ditandatangani oleh Irjen Kemhan, Senin (30/9) di kantor Kemhan, Jakarta.

Lebih lanjut Irjen Kemhan mengatakan bahwa pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen dalam rangka mencegah terjadinya penyimpangan terhadap penyalahgunaan wewenang, SDM, Anggaran dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) menuju tercapainya sasaran pelaksanaan program kerja.

Fungsi pengawasan lain adalah memberi kontribusi penting dalam rangka tercapainya tugas pokok yang menganut transparansi dan akuntabilitas demi terwujudnya Good Governance di lingkungan Kemhan, TNI dan Angkatan. Keberhasilan pelaksanaan fungsi pengawasan berdampak kepada efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dalam mencapai sasaran.

Itjen merupakan bagian dari Sistem Pengendalian Internal (SPI) suatu entitas, SPI adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efisien dan efektif, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Pengawasan dan Pemeriksaan merupakan bagian penting dari fungsi manajemen, organisasi, sementara kualitas pelaksanaan pengawasan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas suatu organisasi”, ungkap Irjen Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia