Kemhan Peringati Hari Kesaktian Pancasila Untuk Ingat Kembali Kekejaman G-30S/PKI

Selasa, 1 Oktober 2019

Jakarta – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, diperingati seluruh personel di lingkungan Kemhan Jakarta, Selasa (1/10). Peringatan ini dimaksudkan agar personel Kemhan mengingat kembali kekejaman Gerakan 30 September (G30S/ PKI).

Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini yaitu dibacakannya Ikrar Hari Kesaktian Pancasia oleh Inspektur Upacara Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Budi Prijono.

Ikrar Hari Kesaktian Pancasila berisi tentang kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi  keutuhan NKRI.

Dalam ikrar tersebut disebutkan bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, pada kenyataannya banyak sekali terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri terhadap NKRI. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. (ERA/ACP)

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia