Sekjen Kemhan Menerima CC Athan Uni Emirat Arab (UEA)

Jumat, 4 Oktober 2019

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A menerima Courtesy Call Athan Uni Emirat Arab (UEA) Brigadier Staff Ishaq M.S. Al-Beshr, Jumat (4/10) di Ruang Tamu Sekjen Kemhan Jakarta.

Hubungan diplomatik kedua negara dimulai pada tahun 1976, Indonesia telah memiliki Kedutaan Besar di Abu Dhabi sementara UEA telah memiliki kedutaan besar di Jakarta. Kedua negara memiliki kesamaan solidaritas sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim.

Kemhan RI mengapresiasi pihak PEA karena secara resmi telah menempatkan Athan sejak akhir 2018. Kedua negara saat ini telah memiliki payung hukum kerjasama pertahanan yaitu Letter of Intent (Lol). Dokumen kerjasama ini ditandatangani di Bogor pada tanggal 24 Juli 2019 oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu dan Menteri Negara UEA Sultan Bin Ahmed Al Jaber.

Sekjen Kemhan juga menyampaikan dalam perkembangan kedepan jika intensitas kerjasama pertahanan RI dan UEA meningkat maka Lol dapat ditingkatkan statusnya menjadi MoU atau DCA.

Sekjen mengharapkan agar kedepannya dapat ditingkatkan interaksi yang sudah ada saat ini dan juga hubungan kerjasama pertahanan kedua negara dapat lebih signifikan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia