Kembali Kunjungi Papua, Menhan Sampaikan Pesan Perdamaian dan Kerukunan

Kamis, 10 Oktober 2019

Jayapura -Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu untuk kesekian kalinya kembali mengunjungi Papua. Kunjungan kali ini dalam rangka memenuhi undangan bertemu dan berdialog dengan tujuh Tokoh Adat Papua dan Papua Barat.Selain itu, Menhan juga berkesempatan untuk menyapa seluruh elemen masyarakat, Kamis (10/10) di Abepura, Jayapura.

Kesempatan tersebut, dipergunakan Menhan untuk menyampaikan pesan perdamaian, kerukunan, serta persatuan dan kesatuan untuk masa depan Papua yang aman, damai dan sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, pada kunjungannya ke Papua kali ini Menhan juga kembali mendapatkan kehormatan dinobatkan dan diangkat sebagai Anak Adat Suku Tabi dengan gelar Kakak Besar Tabi. Pengangkatan Menhan sebagai Anak Adat Suku Tabi ditandai dengan pemakaian atribut adat Tabi oleh Kepala Suku se-wilayah Tabi Ondofoto Ramses Ohee, serta ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menhan.

Pengangkatan Menhan sebagai anak adat Papua merupakan kedua kalinya. Sebagaimana diketahui, pada tanggal 18 September 2019 yang lalu, Menhan telah mendapat kehormatan diangkat sebagai Anak Adat Desa Babrongko Umandrow serta digelari sebagai Bapak Bela Negara karena jasanya terhadap masyarakat Papua dalam menumbuhkan semangat cinta tanah air melalui program Bela Negara.

Pada acara tersebut, Menhan juga menyaksikan pernyataan sikap perwakilan pemuda dari tujuh wilayah adat Papua dan Papua Barat mendukung pembentukan dan pelantikan Satuan Tugas Pemuda serta pembacaan Ikrar untuk menjaga keamanan dan kedamaian di wilayah Adat Tabi / Matma serta setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam akhir rangkaian kunjungannya ini, Menhan beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi para pengungsi korban kerusuhan Wamena di lokasi penampungan di Rindam XVII / Cenderawasih dan memberikan bantuan berupa Sembako.

Turut serta beberapa pejabat Kemhan mendampingi Menhan dalam kunjungan ini antara lain Irjen Kemhan Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rizerius Eko H., Dirjen Kuathan Kemhan Mayjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Desano Indrasakti dan Asisten Menhan Bidang Intelijen Mayjen TNI Ilyas.

Selain itu, beberapa Pejabat Kemhan lainnya yang turut serta dalam kunjungan ini ialah, Asisten Menhan Bidang Operasi Mayjen TNI Hafil, Kabadiklat Kemhan Laksda TNI Benny Riyanto, Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Herman Djatmiko, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto, S.Sos, dan Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie. (BDI/JLY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia