Lomba “Bela Negara Digital” Wadah Generasi Muda Unjuk Kreatifitas

Selasa, 15 Oktober 2019

Jakarta – Kementerian Pertahanan RI melalui Satker Pusdatin Kemhan mengadakan kegiatan Lomba “Bela Negara Digital” yang dibuka untuk umum dan pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya apapun dengan materi foto dan video yang mengangkat tema tentang Cinta Tanah Air, Kerukunan dalam keberagaman dan Ayo Bela Negaraku.

Pusdatin berupaya mewujudkan kegiatan pemahaman bela negara dan integritas budaya pada kaum muda. “Tujuannya agar kaum milenial lebih siap dan tidak mudah terlena pada tekanan asimetris di dunia digital dan menjadi akar yang kuat dalam bela negara demi menjaga keutuhan NKRI”ucap Kapusdatin Kemhan Brigjen TNI Dominggus Pakel, Selasa (15/10) di Balai Media Biro Humas Setjen Kemhan Jakarta.

Sesuai dengan arahan Menhan Ryamizard Ryacudu, Bela Negara menjadi cerminan dalam upaya menghimpun kembali seluruh masyarakat dalam bingkai persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun, damai dan harmonis dengan tetap menjunjung tinggi nilai luhur bangsa Indonesia sebagai entitas yang berdaulat dan bersatu.

Sebagai sarana mewujudkan visi tersebut, Kemhan kembali memperkaya berbagai sumber serta nilai moralitas keluhuran bangsa dalam kehidupan sosial di masyarakat melalui kegiatan Bela Negara yang dikemas dengan nuansa digital sebagai upaya untuk menjawab tantangan akibat gempuran arus informasi teknologi berbasis digital seperti sosial media.

Kapusdatin juga menyampaikan di dalam kegiatan Lomba Bela Negara ini diharapkan dapat meningkatkan toleransi, kebersamaan, Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi keinginan kita bersama untuk mempertahankan kedaulatan dan kewibawaan negara di dunia maya.

Disamping itu Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto menghimbau kepada para rekan media agar dapat berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan lomba yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan melalui Pusdatin Kemhan. Lomba Bela Negara Digital ini dibuka mulai tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 24 Nopember 2019 dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 15 Desember 2019 bersamaan dengan hari Peringatan Bela Negara.

Bagi para peserta yang mengikuti kegiatan lomba ini panitia akan memberikan hadiah yang cukup menarik diantaranya Juara I akan mendapatkan hadiah uang Rp. 20.000.000, Juara II akan mendapatkan hadiah uang Rp. 17.500.000 dan Juara III akan mendapatkan hadiah uang Rp. 15.000.000. Hasil karya tersebut tidak boleh mengandung SARA, kekerasan, pornografi serta tidak melanggar Undang-undang ITE dan Undang-undang Film.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia