Indonesia – Rusia Gelar Pertemuan Ke-15 Kerjasama Teknik Militer, Bahas Kerjasama Industri Pertahanan

Rabu, 13 November 2019

Jakarta – Indonesia dan Rusia menggelar pertemuan rutin tahunan membahas kerjasama teknis militer melalui Pertemuan Ke-15 Military Technical Cooperation (MTC) Indonesia-Rusia yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 13 sampai dengan 14 November 2019 di Jakarta.

Pada pertemuan ini pihak Indonesia diwakili oleh Delegasi Kementerian Pertahanan RI yang dipimpin oleh Sekjen Kemhan RI Laksdya TNI Agus Setiadji, S.AP. M.A., sedangkan pihak Rusia diwakili Federal Service of Military Technical Cooperation (FSMTC) Russian yang dipimpin oleh Wakil Direktur FSMTC Michael Pethukov.

Sekjen Kemhan RI dalam sambutannya pada pembukaan pertemuan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan Delegasi Rusia dan berharap pertemuan ini akan lebih produktif dan bermanfaat untuk kolaborasi yang lebih kuat antara kedua negara.

“Pertemuan ini bertujuan mencari solusi, pemahaman dan keputusan untuk keuntungan bagi kedua belah pihak. Semua upaya, diskusi, dan kesepakatan harus diletakkan dalam bentuk persahabatan dan saling menguntungkan”, tutur Sekjen Kemhan RI.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan RI mengatakan, hubungan bilateral Indonesia dan Rusia dalam berbagai bidang kerjasama termasuk dalam sektor industri pertahanan telah meningkat secara signifikan.

Saat ini, Indonesia tengah berupaya memberdayakan dan mendorong industri pertahanan dalam negeri agar lebih berperan memenuhi kebutuhan Alutsista TNI.

Pemerintah Indonesia dengan jelas menyatakan bahwa pertahanan bukanlah pengeluaran, tetapi pertahanan adalah investasi. Oleh karena itu, pengadaan peralatan pertahanan harus disertai offset, kandungan lokal dan transfer teknologi dalam rangka mengembakan kemampuan industri pertahanan Indonesia.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan RI berharap, melalui pertemuan ke -15 MTC Indonesia – Rusia ini menghasilkan langkah – langkah penting dan strategis kedua negara untuk memajukan kerjasama industri pertahanan yang saling menguntungkan.

“Kami percaya bahwa Rusia adalah salah satu negara sahabat yang dapat dipercaya untuk membantu pengembangan industri pertahanan Indonesia”, ungkap Sekjen Kemhan RI.

Pertemuan Ke- 15 MTC Indonesia – Rusia diawali dengan review pertemuan sebelumnya dimana telah dilaksanakan selama 14 tahun berturut – turut. Dilanjutkan serangkaian presentasi dari kedua delegasi mengenai kemampuan industri pertahanan, presentasi produk serta diskusi lanjutan guna mencari potensi kerjasama yang dapat dilakukan kedua negara di masa mendatang.(BDI/RAF)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia