Indonesia – Thailand Sepakat Kerjasama Peningkatan Kemampuan Personel Militer dan Penanggulangan Terorisme

Minggu, 17 November 2019

Bangkok – Dalam rangkaian pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat dan ADMM Plus ke 6 Tahun 2019 di Bangkok, Thailand, Menteri Pertahanan Republik Indonesia H. Prabowo Subianto mengadakan pertemuan bilateral maupun trilateral dengan Menhan dari negara – negara sahabat anggota ADMM Plus

Pada kesempatan pertama, Sabtu (16/11) Menhan RI melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan Thailand General Prawit Wongsuwon selaku Ketua dan tuan rumah penyelenggaraan ADMM Retreat dan ADMM Plus ke-6 Tahun 2019.

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak berkomitmen dan sepakat untuk terus meningkatkan hubungan kerjasama militer kedua negara di masa yang akan datang, khususnya di bidang peningkatkan kapasitas kemampuan personel militer melalui pendidikan dan latihan.

Peningkatan kerjasama di bidang penanggulangan terorisme maupun kerjasama di bidang lainnya yang menjadi ancaman bersama di kawasan juga menjadi perhatian Menhan RI dan Menhan Thailand.

Menhan Thailand menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Indonesia kepada Thailand selama menjadi Ketua ADMM dan juga partisipasi Indonesia dalam latihan ADMM Plus EWG on Maritime Security yang diketuai oleh Thailand dan Amerika Serikat.

Selain itu, Menhan Thailand juga mengapresiasi peran dan isiniasi Indonesia dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di kawasan melalui pembentukan wadah pertukaran informasi antar Menhan se-Asean dalam kerangka kerjasama ASEAN Our Eyes yang telah disahkan pada pertemuan ADMM 2019.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia