Wamenhan Memberikan Keynote Speech Pada Kegiatan Goesmart 2019

Selasa, 19 November 2019

BandungWakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono Memberikan Keynote Speech pada kegiatan Goesmart 2019 : Smart City WeekTransformation Toward Smart X : Smart Village, Smart City, Smart Province and Smart Nation”, Selasa (19/11) di Aula Barat ITB Bandung.

Wamenhan dalam Keynote Speech menyampaikan di Tahun 2045 Indonesia akan menghadapi 10 perubahan besar ditingkat Global, dimana jumlah penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 10 Miliar jiwa. Di Tahun yang sama diperkirakan 71 persen dari total output dunia dikontribusi oleh negara berkembang dengan Asia menyumbang sebesar 45 persen.

Dalam visi tersebut Indonesia akan keluar dari perangkap pendapatan menengah (Middle Income Trap) menjadi negara dengan pendapatan tinggi pada 2036. Selanjutnya Indonesia akan menjadi negara maju dengan kekuatan ekonomii ke-5 terbesar di dunia pada 2045 dengan PDB sebesar USD 7,4 Triliun..

Lebih lanjut Wamenhan menyampaikan pengembang Smart X harus mempunyai dan memahami wawasan keamanan nasional/national security sehingga Smart X yang dibangun mampu menghilangkan atau meminimalkan adanya ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya serta siber.

Tanpa disadari gelombang perubahan sebagai akibat dari kemajuan technology sudah tidak bisa dihindari. Berbagai kemajuan di bidang teknologi sejatinya dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wamenhan juga menyampaikan bahwa pola pikir masyarakat harus berubah mengikuti tatanan yang baru sebaliknya tatanan baru tersebut dapat merubah paham /ideologi, mental dan budaya masyarakat. Solusi yang dibangun di dalam Smart X disamping bersifat cerdas juga harus memiliki fitur-fitur yang mampu menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia