Wamenhan Membuka Forum Komunikasi Litbang Kemhan ke-30 Tahun 2019

Rabu, 4 Desember 2019

Jakarta Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Kemhan Sakti Wahyu Trenggono menjadi keynote speech dan sekaligus membuka acara Forum Komunikasi Litbang ke-30 Tahun 2019 dengan tema “Pemanfaatan Thorium Sebagai Alternatif Sumber Energi untuk Kepentingan Pertahanan Negara, Rabu (4/12), Jakarta Selatan.

Wamenhan mengatakan bahwa kegiatan penelitian yang dimulai dengan diinisiasi oleh Balitbang Kemhan, merupakan langkah yang mengandung nilai strategis untuk pertahanan negara.

Hal tersebut dapat dihadapkan dengan perkembangan teknologi saat ini. Ketersediaan energi listrik berjalan secara linier. “Sedangkan penyediaan energi untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat dan kebutuhan pertahanan terus semakin meningkat”, ungkapnya.

Ketersediaan energi listrik suatu negara adalah indikator yang menunjukkan semakin sejahtera dan kuat negara tersebut, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, banyak negara maju yang melibatkan bauran energi fosil sebagai pendukung kebutuhan energi listriknya.

Upaya para ahli untuk mencari sumber bahan baku yang padat energi dan ramah lingkungan perlu diapresiasi dan ditindaklanjuti melalui penelitian dan pengembangan. Lebih lanjut Wamenhan berharap, diskusi dan pembahasan yang dilaksanakan dalam forum ini, “Tidak hanya wacana, namun harus diimplementasikan ke depannya”, tegas Wamenhan.

Perlu pengembangan iptek terkait dengan energi berbasis thorium untuk kepentingan pertahanan yang telah diinisiasi oleh Balitbang Kemhan. Dibutuhkan upaya dan kerja keras untuk implementasi tersebut. Dengan semangat kebersamaan dari pemangku kepentingan dan pihak-pihak terkait.

Dari hasil pembahasan di forum ini, Wamenhan berharap, “Balitbang Kemhan akan dapat mewujudkannya”, ujarnya.

Diakhir sambutannya, Wamenhan mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja sama mensukseskan pelaksanaan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan (Forum Litbang) ke-30 sehingga kegiatan forum komunikasi hari ini dapat terlaksana dengan baik.

Hadir pada acara tersebut Sekjen Kemhan Lakdsya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A., Irjen Kemhan Laksdya TNI (Purn) Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. para pejabat dilingkungan Kemhan, para narasumber serta para peserta Forkom Litbang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia