RI – Ekuador Jalin Kerjasama Pertahanan

Senin, 13 Januari 2020

Jakarta – Dalam upaya menjaga kedaulatan negara serta dalam rangka mewujudkan terciptanya stabilitas dan perdamaian dunia, Indonesia menjalin kerjasama dengan negara-negara di berbagai kawasan termasuk Ekuador.

Duta Besar RI untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono menyampaikan harapan pemerintah Ekuador untuk menjalin kerjasama bilateral dalam bidang pertahanan dengan Indonesia. Harapan tersebut disampaikan Dubes Ekuador untuk Indonesia saat bertemu dengan Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono di kantor Kemhan Jakarta, Senin (13/1).

Meskipun Indonesia – Ekuador belum memiliki perjanjian kerjasama pertahanan, namun pada tanggal 25 April 2017 telah ditandatangani perjanijian kerjasama antara IPTN Nort America (PT INA), subsidiary PT Dirgantara Indonesia dengan Emetricplus S.A, sebuah perusahaan Ekuador.

Perjanjian kerjasama ditandatangani Direktur PT INA dan Presiden Emetricplus di KBRI Quito, dengan disaksikan Duta Besar RI untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihartono dan Konsul Kehormatan Indonesia di Guayaquil, Marcelo Lopez.

Emetricplus sebagai representasi di Ekuador dalam hal penjualan pesawat tipe CN235, CN212i dan CN 291, penjualan spare part, evaluasi dan pemeliharaan, pemeriksaan dan diagnosa pesawat yang disepakati oleh PT. INA.

Penandatanganan kerjasama dimungkinkan karena dalam proses pengadaan atau jual beli memang tidak selalu harus didahului dengan proses kerjasama antara kedua negara. Hal ini juga dilakukan Indonesia pada saat pembelian Alpalhankam dari negara lain tanpa harus didasari dengan perjanjian kerjasama.

Demikian Siaran Pers Biro Humas Setjen Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia