Lestarikan Nilai – Nilai Luhur Perjuangan Bangsa, Kemhan Bangun Taman Wisata Sejarah di Salatiga

Rabu, 15 Januari 2020

Salatiga – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Laksdya TNI Agus Setiadji, S.A.P., MA., mewakili Wakil Menteri Pertahanan, Rabu (15/1) secara resmi mencanangkan pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga (Wasesa) di Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Taman Wisata Sejarah Salatiga yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih empat hektar tersebut dibangun atas prakarsa Kementerian Pertahanan bersama Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah.

Pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga merupakan sebagai salah satu komitmen dalam melestarikan nilai – nilai luhur perjuangan bangsa Indonesia, cinta tanah air, menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Dalam rencana pembangunannya, akan didirikan infrastruktur pendukung dan Monumen Sejarah Pahlawan.

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekjen Kemhan berharap, pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga dapat digunakan sebagai wahana pendidikan pembangunan karakter kebangsaan (Nation Character Building) bagi masyarakat sekitarnya.

“Selain itu, saya juga berharap taman ini akan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Salatiga”, tambah Wamenhan.

Lebih lanjut Wamenhan mengatakan, Salatiga merupakan kota di Jawa Tengah yang melahirkan putra-putra terbaik bangsa yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia, diantaranya Laksamana Muda TNI (Anumerta) Yosaphat Soedarso, Marsekal Madya TNI (Anumerta) Agustinus Adisoetjipto, dan Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) Sudiarto.

Menurut Wamenhan, nilai-nilai perjuangan mereka, perlu diingat dan diwariskan kepada generasi muda penerus bangsa. Oleh karena itu, melalui peresmian pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga ini, merupakan bentuk nyata dalam menghormati jasa-jasa beliau di daerah asalnya.

Hadir pada acara tersebut, Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, SH., M.P.A. dan Walikota Salatiga Yuliyanto, segenap Anggota Forkopimda Kota Salatiga dan serta pejabat perwakilan dari jajaran TNI dan Polri. (BDI/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia