Kemhan Adakan Acara Ujian Sertifikasi Bendahara di Lingkungan U.O Kemhan

Kamis, 16 Januari 2020

Jakarta – Kementerian Pertahanan melalui Biro Perencanaan Keuangan (Rorenku) Setjen Kemhan mengadakan acara Ujian Sertifikasi Bendahara di Lingkungan U.O Kemhan TA. 2020. Kamis (16/1),di kantor Kemhan Jakarta.

Pada kegiatan tersebut Biro Perencanaan Keuangan menghadirkan narasumber Bapak Des Dhoni Wiastanto, S.S.T. dari Direktorat Sistem Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Adapun materi yang dibahas yaitu materi pengujian dan pembayaran tagihan, pengelolaan uang persediaan, pembukuan dan LPJ Bendahara, perpajakan Bendahara Pemerintah, Refreshment Bendahara Penerimaan, Reviu Materi Ujian Sertifikasi Bendahara.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, Sertifikasi Bendahara adalah proses penilaian karakter, kompetensi, dan kemampuan atas keahlian dan keterampilan untuk menjadi Bendahara. Semua dilakukan secara sistematis dan objektif melalui ujian sertifikasi.

Kegiatan Sertifikasi Bendahara tersebut sangatlah penting, karena bendahara merupakan pejabat perbendaharaan yang mempunyai tugas kebendaharaan dalam rangka pelaksanaan APBN pada Satker/Subsatker di lingkungan Kemhan.

Kegiatan Ujian Sertifiksi Bendahara yang dilaksanakan ini merupan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah, sebagaimana yang telah diatur dengan PMK 143/PMK.05/2018 tentang mekanisme Pelaksanaan Anggaran Belanja Negara di Lingkungan Kemhan dan TNI.

Pada Pasal 17 yang disebutkan bahwa, pejabat/pegawai yang akan diangkat sebagai Bendahara Penerimaan atau Bendahara Pengeluaran harus memiliki Sertifikasi Bendahara yang diterbitkan oleh Menteri Keuangan atau pejabat yang ditunjuk.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia