Kemhan Adakan Rapat Rekonsiliasi Hibah, BLU dan PNBP Kemhan dan TNI TA. 2019

Rabu, 22 Januari 2020

Jakarta Untuk yang pertama kalinya Kementerian Pertahanan melalui Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kemhan mengadakan acara rapat rekonsiliasi Hibah, BLU dan PNBP dilingkungan Kemhan dan TNI TA. 2019, Rabu (22/1), di Jakarta.

Kepala Bidang Akuntansi Pelaporan Keuangan (Kabid APK) Puslapbinkuhan Kemhan Kolonel Cku (K) Widiatmi, S.E., M.M. saat membacakan sambutan Kepala Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kemhan Marsma TNI Danang Hadiwibowo, S.E., M.M. mengatakan bahwa dengan adanya opini laporan keuangan Kemhan TA. 2018 mengalami peningkatan dibandingkan opini Tahun 2017, dari Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Peningkatan opininya antaralain dalam penyusunan keuangan “Proses rekonsiliasi eksternal dan internal telah memadai, terdapat sinergi antara pengawas BMN dan keuangan serta penyelesaian tindak lanjut temuan BPK atas laporan keuangan Kemhan”, ujar Kapuslapbinkuhan.

Hal tersebut berdampak pada data yang disajikan dalam LK menjadi akurat dan memadai, sehingga kualitas laporan keuangan TA. 2018 mengalami peningkatan. Peningkatan harus lebih ditingkatkan dengan pemantauan terus menerus sebagai alat pendeteksi awal “early warning”,

Lebih lanjut Kapuslapbinkuhan mengungkapkan bahwa, tujuan diadakannya rekonsiliasi tersebut yaitu untuk dapat menghasilkan data yang akurat, dapat ditelusuri serta dijelaskan dalam laporan keuangan Kemhan unaudited TA. 2019 guna meningkatkan kualitas laporan keuangan Kemhan dan TNI.

Diakhir sambutannya, Kapuslapbinkuhan berharap kedepan laporan Kemhan dan TNI lebih transparan dan akuntabel. Sehingga penilaian terbaik WTP bisa dipertahankan dan kualitasnya lebih meningkat, demi terwujudnya laporan keuangan Kemhan dan TNI yang lebih berkualitas.

Hadir pada acara tersebut Tim dari Direktorat APK, EAS dan BMN Kemkeu, para Pejabat Badan Perencanaan, Badan Logistik, Badan Keuangan, para Pejabat Kukota/Lakpus dilingkungan Kemhan dan TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia