Menhan RI – Rusia Bahas Kerjasama Pertahanan dalam Kemitraan Strategis

Selasa, 28 Januari 2020

Moscow – Mengawali kunjungan kerjanya ke Rusia, Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Federasi Angkatan Darat Federasi Rusia Jenderal Sergei Shoigu, Selasa (28/1), di Kemhan Rusia. Dalam pertemuan tersebut kedua Menhan membahas kerjasama pertahanan dalam kerangka kemitraan strategis.

Bagi Indonesia, Rusia merupakan salah satu kekuatan terbesar di dunia yang selalu mendukung dan membantu Indonesia di masa-masa sulit. Kedekatan kedua negara terjalin sejak Rusia masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Kedekatan kedua negara ditandai dengan penandatanganan kemitraan strategis dan ini akan menjadi tonggak penting dalam hubungan bilateral kedua negra.

Sedangkan bagi Rusia, Indonesia merupakan salah satu mitra paling penting di kawasan Asia-Pasifik, interaksi yang secara tradisional dibangun atas dasar persahabatan dan rasa saling percaya.

“Kami siap untuk terus mengoordinasikan kerjasama dalam pengembangan progresif hubungan Rusia – Indonesia, termasuk di bidang kerja sama militer dan teknis-militer, serta dalam format multilateral melalui mitra dialog SMOA-plus,” ujar Menhan Rusia.

Sebelumnya dilaporkan bahwa pelaksanaan kontrak untuk pasokan 11 pesawat Su-35 Indonesia dapat dimulai pada tahun 2020.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia