Balitbang Kemhan Adakan Paparan tentang Defence Governance Course

Rabu, 29 Januari 2020

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemhan menyelenggarakan kegiatan paparan tentang Defense Governance Course di Naval Postgraduate school, Monterey, California, USA. Pelaksanaan paparan dilaksanakan di Rupattama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Rabu (29/1).

Paparan dibuka oleh Kabag Datin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.Ip., M.Si., dan sebagai moderator adalah Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Sadono, S.H., M.M.

Peneliti Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Mochamad Faisol Luchaq, M. sebagai pemapar menjelaskan tentang strategi institusi/lembaga pertahanan dalam menghadapi suatu ancaman/gangguan dengan suatu perencanaan yang matang dan koordinasi antar institusi/lembaga/badan.

Sehingga kegiatan pencegahan, penangkalan ataupun pelaksanaan operasi suatu ancaman/gangguan terhadap negara dapat berjalan efektif, efisien dengan mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Dalam paparannya Kolonel (KH) Ir. Mochamad Faisol Luchaq, M. Eng. Lesson learned yang dapat dipetik dalam menghadapi ancaman/gangguan dengan langkah sebagai berikut: Identitas situasi dan kondisi yang terjadi, Menghitung kekuatan peralatan, Merencanakan kegiatan operasi,Prioritas pergeseran kekuatan, Kemampuan negosiasi antar Institusi/Lembaga, Kesepakatan bersama, Pelaksanaan kegiatan operasi.

Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon III, IV dan anggota Balitbang Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia