Kapuslapbinkuhan Kemhan RI Pimpin Rapat Rekonsiliasi LRA TA 2019

Rabu, 12 Februari 2020

Jakarta – Kementerian Pertahanan RI melalui Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kemhan mengadakan acara Rapat Rekonsiliasi LRA Wilayah dan Eselon I, Rekonsiliasi Terpadu dan Penyusunan Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Unaudited TA. 2019. Rabu (12/2), di Ancol, Jakarta Utara. Acara dilaksanakan mulai tanggal 12-14 Februari 2020 di Ancol, Jakarta Utara.

Rapat Rekonsiliasi dibuka oleh Kapuslapbinkuhan Kemhan Marsma TNI Danang Hadiwibowo, S.E., M.M. mengatakan bahwa rapat rekonsiliasi dilaksanakan untuk mendapatkan laporan keuangan yang memadai, karena dengan duduk bersamaan kedua badan keuangan dapat diperoleh kesesuaian data yang akurat dan akuntabel serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara Unit Organisasi dan Kotama.

“Tujuan diadakannya Rapat Rekonsiliasi LRA Wilayah dan Eselon I Terpadu ini adalah agar tidak terjadi kesalahan penyajian data. Sehingga menghasilkan data yang akurat, dapat ditelusuri dan dapat dijelaskan dalam laporan keuangan Kemhan dan TNI Unaudited TA. 2019″, ujar Kapuslapbinkuhan.

Pada kesempatan tersebut, Kemhan berharap kepada Tim Kemkeu dapat memberi pendampingan dan membantu mencari solusi penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul baik dari hasil E-Rekon maupun permasalahan lainnya.

Dalam laporan keuangan terutama dengan sudah diterbitkannya kebijakan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan BLU dan kebijakan terkait pengadaan barang dan jasa melalui mekanisme Foreign Military Sales (FMS).

Diakhir sambutannya, Kapuslapbinkuhan Kemhan berharap kepada para peserta agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini untuk saling memberikan informasi dan berdiskusi guna memperoleh jalan keluar yang tepat agar data yang kredibel dapat digunakan dalam penyusunan laporan keuangan. Sehingga opini BPK terhadap laporan keuangan Kemhan dan TNI TA. 2019 dapat kita pertahankan”, pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Direktur APK DJPB Kemkeu Ibu R. Wiwin Istanti, S.E., A.K., M. Laws, para pejabat Eselon, para pejabat Badan Perencanaan, Badan Logistik, Badan Keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI, serta Tim dari Kementerian Keuangan RI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia