Rakernis Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan TA 2020 Untuk Samakan Persepsi dan Pola Tindak Pemangku Kepentingan Bidang Kesehatan di Lingkungan Kemhan dan TNI

Selasa, 18 Februari 2020

Jakarta Ditjen Kuathan Kemhan, Selasa (2/18) melaksanakan Rapat Kerja Teknis Kesehatan Tahun Anggaran 2020 yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Kuathan Kemhan Marsda TNI N. Ponang Djawoto didampingi Direktur Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan Laksma TNI dr. Arie Zakaria, SpOT, FICS., di Aula Lt 8 Gedung D.I Pandjaitan, Kantor Kemhan, Jakarta.

Rakernis Kesehatan yang diselenggarakan oleh Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan ini mengambil tema “Sinergitas dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemhan dan TNI Guna Mewujudkan Indonesia Maju”. Rakernis Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan ini merupakan tindak lanjut dari Rakornis Ditjen Kuathan Kemhan TA 2020 dalam rangka menyamakan persepsi, pola pikir, dan pola tindak bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mengidentifikasi berbagai permasalahan di bidang kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI.

Saat ini masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh komunitas kesehatan diantaranya Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU) Rumah Sakit Kemhan dan TNI, permasalahan BPJS Kesehatan dan yang terkini adanya wabah 2019-ncov atau Novel Coronavirus.

Rakernis Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan TA 2020 ini membuka ruanh diskusi yang diharapkan dapat memberikan masukan dari peserta Rakernis dalam melaksanakan tugas pokok kesehatan Kemhan dan TNI yang profesional baik dalam lingkup nasional maupun Internasional dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan dan dukungan kesehatan bagi Prajurit TNI, PNS Kemhan dan keluarganya serta Purnawirawan secara optimal.

Rakernis yang juga dihadiri oleh Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B., FINACS., M.Si, Kapuskes Angkatan, Kepala Rumah Sakit TNI dan Angkatan serta segenap Perwakilan Satuan Kerja kesehatan dari TNI dan Kemhan, menghadirkan enam narasumber.

Narasumber yang berbicara di depan para peserta Rakernis Kesehatan Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan TA 2020 kali ini antara lain; Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dr. Anung Sugihantono, M.Kes yang berbicara mengenai Ketahanan Kesehatan (Health Security), dari Ditjen Renhan Kemhan Kasubdit PNBP Ditdalprogar tentang Evaluasi Pelaksanaan Tata Kelola Keuangan BLU dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Rumah Sakit Kemhan dan TNI, Direktur PPK BLU Kementerian Keuangan Ari Wahyuni. S.H.,M.P.M tentang pelaksanaan BLU di Rumah Sakit Kemhan dan TNI, Kapuskesad Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono Sp.S,MARS.,M.H yang juga membahas mengenai Evaluasi Pelaksanaan BLU dan PNBP di fasilitas kesehatan TNI AD dan Staf Khusus Menteri Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Kementerian Kesehatan Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K. S. Ginting, Sp.P.,FCCP yang memaparkan mengenai Evaluasi Pelaksanaan BPKS dan rencana ke depan, dan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Deputi Direksi Wilayah Jabodetabek BPJS Kesehatan dr. Anuman Huda, M.M, AAK yang memaparkan mengenai Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan BPJS di Fasilitas Kesehatan Kemhan dan TNI.  (DAS/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia