Menhan RI Kunker ke Abu Dhabi untuk Tingkatkan Hubungan Bilateral RI – UAE

Senin, 24 Februari 2020

Abu Dhabi – Hubungan bilateral RI – UAE saat ini terasa semakin kuat dan dinamis. Hal ini ditandai dengan saling kunjung antar pejabat tinggi kedua negara yang sangat intens, diantaranya kunjungan Menteri Pertahanan UAE ke Indonesia pada Desember 2019.

Membalas kunjungan Menteri Pertahanan UAE, pada 23-25 Februari 2020 Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan ke Abu Dhabi dan bertemu dengan counterpartnya Menteri Pertahanan UAE Mohammed Ahmed Al Bowardi di Kementerian Pertahanan The United Arab Emirates (UAE), Senin (24/2).

Kedatangan Menhan RI disambut dengan upacara jajar kehormatan yang dilanjutkan dengan bilateral meeting. Dalam pertemuan, Menhan RI menyampaikan bahwa UAE (United Arab Emirates) merupakan kiblat kebijakan politik di Timur Tengah. Pada kesempatan pertemuan, telah ditandatangani kerjasama pertahanan sebagai tindak lanjut dari Letter of Intent (LOI) yang ditandatangani di Bogor pada 24 Juli 2019 lalu.

Kerjasama Pertahanan RI-UAE meliputi pembangunan pesawat ringan dengan PT Dirgantara, pertukaran perwira diberbagai level dan pertukaran informasi guna keamanan wilayah dan kawasan.

Turut hadir dalam pertemuan bilateral diantaranya perwakilan DPR RI Fadli Zon, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, KKIP Johannes Suryo Prabowo dan Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Simanjuntak.  (ERA/JLY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia