Ditjen Strahan Kemhan Terima Siswa Pakistan Navy Staff Course

Rabu, 4 Maret 2020

Jakarta – Direktur Pengerahan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditjen Strahan) Kemhan Brigjen TNI Tandyo Budi R, S.Sos menyambut hangat kunjungan sejumlah siswa Pakistan Navy Staff Course (PNSC) yang dipimpin Commodore Syed Wajeehul Hassan SI (M) S Btis, di kantor Kemhan Jakarta, Rabu (4/3).

Kunjungan ke Kemhan ini merupakan bagian dari program kurikulum perwira siswa PNSC ke Indonesia. Hal ini menunjukkan hubungan erat yang telah terjalin antara Indonesia dengan Pakistan. Dir. Pengerahan mengatakan kunjungan ini dapat memberi pemahaman yang lebih baik tentang Indonesia sehingga sekembalinya perwira siswa PNSC ke Pakistan, diharapkan akan timbul kesan yang baik tentang Indonesia.

Lebih lanjut Dir. Pengerahan mengatakan bahwa kerjasama internasional di dunia saat ini merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan dan menunjukkan eksistensi suatu negara. Indonesia yang menganut kebijakan luar negeri bebas aktif berupaya untuk menciptakan perdamaian dengan negara-negara di dunia termasuk dengan Pakistan dengan prinsip saling menghargai, saling percaya dan saling memahami.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Pakistan dimulai sejak tahun 1950. Pada tahun 2010, kedua negara telah menandatangani perjanjian kerjasama (DCA) dalam berbagai sektor dimana salah satunya adalah kerjasama di bidang pertahanan. Kedua negara sepakat untuk bertukar pandangan baik di wilayah regional maupum dalam forum global.

Dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan tentang Kebijakan Pertahanan Indonesia dan Kebijakan Industri Pertahanan Indonesia. (ERA/SSI)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia