Wamenhan Pimpin Dies Natalis ke-11 dan Wisuda Pasca Sarjana Universitas Pertahanan

Rabu, 11 Maret 2020

 

Bogor – Perayaan dies natalis ke-11 Universitas Pertahanan (Unhan) dan Wisuda Magister Ilmu Pertahanan hendaknya dapat dijadikan rèfleksi bagi perjalanan Unhan dalam menyampaikan visi dan misinya.

Demikian dikatakan Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono dihadapan 365 wisudawan/wati yang dinyatakan lulus dalam wisuda Pasca Sarjana Magister Ilmu Pertahanan Unhan, di Aula Merah Putih Kampus Unhan Sentul Bogor, Rabu (11/3).

Lebih lanjut dikatakan Wamenhan pengembangan SDM yang modern dan profesional dilakukan untuk mengantisipasi perubahan tatanan global dan dinamika lingkungan strategis yang dapat mengancam kedaulatan negara.

Untuk itu kualitas SDM menjadi kunci utama dalam mencermati perkembangan tersebut.

Dalam wisuda kali ini Unhan juga meluluskan enam wisudawan dari negara sahabat yang berasal dari zimbabwe, Cina, Arab Saudi, India dan Philipina.

Kondisi ini mengisyaratkan bahwa alumni Unhan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk berkontribusi dan berperan serta dalam proses pembangunan bangsa dan diplomasi pertahanan di dunia internasional.

Di usianya yang memasuki 11 tahun, Unhan telah mengukuhkan diri sebagai Kampus Bela Negara dan berupaya untuk mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi yang berstandar kelas dunia atau World Class Defence Univerity di tahun 2024.

Untuk itu kepada 365 wisudawan/wati dari 4 (empat) fakultas dengan 16 program studi, Wamen berharap para alumni Unhan mampu berkarya dan menerapkan ilmu yang telah didapatkan pada bidang tugas masing-masing.

Empat fakultas tersebut yaitu Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Teknologi Pertahanan.

Sementara itu Rektor Unhan mengungkapkan Unhan telah menjalin kerjasama dengan 58 perguruan tinggi baik didalam maupun luar negeri, 27 pemerintah daerah provinsi/kota/kabupaten dan 11 Kementerian/Lembaga. Selain itu juga 10 badan usaha dalam dan luar negeri serta 9 Bumnis.

Kerjasama yang dijalin meliputi penelitian, penyediaan dosen ahli, pengiriman mahasiswa untuk praktek lapangan serta dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Sebelum prosesi wisuda, disampaikan pula orasi ilmiah oleh Mayjen TNI ( Purn) Syaiful Anwar, M.Bus.

Turut hadir dalam wisuda yang dibuka Rektor Unhan Letjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.AP diantaranya Sekjen Kemhan dan Dubes Zimbabwe.  (ERA/SGY)

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia